MERDEKA.COM » REPORTER » TITAH MRANANI
157 berita dan foto

    Sesuai dengan Surat Rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI), ada beberapa kriteria orang yang belum layak untuk mendapat vaksin covid-19. Misalnya orang dengan penyakit autoimun sampai hipertiroid belum mendapat rekomendasi untuk disuntik vaksin COVID-19.

    Kepada Health Liputan6.com, Minggu (27/12/2020), Sekretaris Jenderal PAPDI Eka Ginanjar membenarkan, PAPDI mengeluarkan rekomendasi Pemberian Vaksinasi COVID-19 (Sinovac/Inactivated), yang di dalamnya termaktub riwayat penyakit yang layak menerima vaksin Corona.

    "Ya, benar. Itu surat rekomendasi yang kami tujukan kepada IDI dan Kemenkes," ucap Eka saat dikonfirmasi Health Liputan6.com melalui pesan singkat, Minggu (27/12/2020).

    Berdasarkan riset yang dilakukan, sebanyak 67% orang Indonesia tertarik untuk bepergian di era new normal, sementara 33% sisanya belum merencanakan bepergian. Setelah situasi new normal diberlakukan, sebanyak 73% orang berencana untuk bepergian dalam kurun waktu 2 bulan ke depan.

    Dosis pertama vaksin memulai proses pelatihan itu dan dosis kedua memperkuatnya. Vaksin multi dosis telah ada sejak lama, seperti pada vaksin hepatitis B.

    Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa brand untuk saling berkolaborasi. Salah satunya adalah Moselo dan Style Theory Indonesia dalam membuat program bertajuk Mask in Style Project, pemenuhan kebutuhan masyarakat akan masker kain.

    Saat isolasi diri dan Work From Home karena pandemi covid-19, kita sering merasa mual atau sakit perut ketika merasa cemas, stress, atau gugup. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada sistem komunikasi atau koneksi antara sistem pencernaan dengan otak disebut gut-brain axis, yang mengalami gangguan.

    Meski melenceng jauh dari bidang yang digelutinya selama ini, dan Deni harus belajar secara otodidak, hal tersebut tidak menyurutkan tekad Deni untuk menambah penghasilan lewat berjualan dodol.

    Pandemi covid-19 mengharuskan kita memakai masker saat berkegiatan diluar rumah. Mau tidak mau, kebiasaan baru tersebut membuat para perempuan harus cermat saat mengaplikasikan makeup supaya tahan seharian meskipun tertutup masker. Wajah yang lembab dan cepat berkeringat membuat makeup menjadi cepat luntur.

    Pandemi covid-19 membuat orang harus mengalami perubahan gaya hidup dengan berada di rumah saja. Banyak perubahan yang dirasakan selama berdiam di rumah saja, tak terkecuali perubahan kulit. Ada yang kulit wajahnya menjadi lebih bersih dan cerah, tapi banyak juga yang mengalami sebaliknya.

    Masker menjadi item esensial yang tidak boleh terlewatkan terutama saat akan beraktifitas diluar rumah. Masker memiliki fungsi untuk melindungi kita dari virus yang kini merebak, namun penggunaan masker yang terlalu lama bisa menimbulkan masalah pada kulit wajah.

    Dosen Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Rimbawan, seperti yang dikutip dari Fimela.com mengatakan sistem imun berfungsi selama kita hidup, tetapi sel-sel imun akan bekerja lebih aktif apabila ada patogen.

    Jumlah penyebaran virus corona yang semakin meningkat setiap harinya, membuat kita harus melakukan tindakan preventif untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kekebalan tubuh. Salah satu cara untuk terbaik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    Tinted moisturizer yang merupakan penggabungan makeup dan skincare, bisa menjadi solusi untuk base makeup cantikmu, sekaligus menjaga kelembaban kulit selama penggunaan masker.

    Waktu memakai masker, setengah bagian wajah akan tertutup. Begitu juga dengan makeup. Menghadapi kondisi tersebut, makeup area hidung ke atas menjadi fokus utama.

    dr. Sonia Hanifati Dermato-venereologist Bamed Skin Care pun memberikan cara untuk mengatasi jerawat saat memakai masker. Mulai dari pemilihan bahan dan cara mencuci untuk meminimalisir pertumbuhan jerawat, kuman, dan bakteri.

    "Di awal-awal corona masuk ke Bangkalan, saya tidak 'ngumpul' istri. Demi kebaikan bersama," kata Munir seperti dikutip dari Liputan6.com, Minggu (25/10).

    "Tetap harus bergerak, memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan," ujar dokter olahraga dari Universitas Negeri Jakarta Arie Sutopo dalam diskusi virtual yang dikutip melalui channel Youtube BNPB.

    Penelitian tersebut memfokuskan pada korelasi antara ciri-ciri kepribadian dengan kepatuhan pada protokol pandemi. Dan hasilnya menunjukkan bahwa orang dengan ciri-ciri antisosial cenderung tidak patuh pada peraturan, seperti menjaga jarak atau menggunakan masker.

    Bagi pasangan yang tidak dikarantina bersama, harus bisa mencari cela untuk tetap menjaga hubungan supaya tetap harmonis. Bagi kalian yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, pakar hubungan menyarankan untuk memanfaatkan Face Time.

    Brand The Body Shop memiliki rekomendasi sabun cuci tangan berbahan dasar alami, yang bisa menjaga kebersihan tangan mu dari bakteri, kuman dan virus. Tak hanya itu, sabun cuci keluaran The Body Shop juga aman untuk kulit mu, dan membuat kulit tangan menjadi lebih lembut dan lembab.

    Kebiasaan cuci tangan menggunakan sabun yang sering digalakkan dimasa pandemi covid-19 ini membuat sebagian orang mengalami kulit kering. Seperti yang ditulis Women's Health Magazine yang dikutip dari Fimela.com, kebanyakan sabun biasa mengandung sulfat.

    Masa pandemi covid-19 membuat semua orang harus patuh menjalankan protokol kesehatan dimanapun berada. Kebiasaan baru seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak menjadi opsi terbaik untuk menjaga diri dan orang lain dari paparan virus covid-19.

    Pandemi covid-19 membuat kita tidak hanya harus selalu menggunakan masker, tetapi juga harus sering cuci tangan, baik menggunakan air mengalir maupun menggunakan hand sanitizer. Akibatnya tangan menjadi lebih kering dan kasar. Yuk, simak 5 bahan ini untuk menjaga kelembaban kulit meski kita sering cuci tangan.

    Mencuci tangan menjadi agenda wajib yang harus dilakukan selama pandemi covid-19. Tak hanya bagi orang dewasa, anak-anak juga tak luput dari kewajiban untuk cuci tangan. Namun, banyak orang tua yang mengajarkan si kecil untuk cuci tangan ketika ingin makan saja.

    Bisa jadi saat ini kamu masih belum menemukan lipstik dan cara yang tepat supaya riasan bibir mu tetap awet dan menawan meski tertutup masker. Yuk, simak beberapa tips memilih dan memakai masker supaya tetap oke dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker.

    Cara paling mudah, namun sering kali kita abaikan adalah mencuci tangan sebelum memegang mulut, hidung dan mata. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan setelah memegang instalasi publik. Cuci tangan mu dengan air mengalir dan sabun cair selama 20 detik, lalu lap hingga kering.

    "Silakan saja berolahraga di tempat umum namun perhatikan beberapa hal berikut. Olahraga sebaiknya dilakukan tanpa berpindah tempat atau olahraga dilakukan dengan posisi sejajar dan berjarak minimal 2 meter dengan orang lain," imbau Reisa saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta.

    “Yang tadinya kita tidak biasa pakai masker harus pakai masker seharian. Yang biasanya enggak rajin cuci tangan harus rajin cuci tangan. Yang biasanya cipika-cipiki, sekarang kita salaman saja tidak boleh. Itu adalah salah satu perubahan perilaku yang tentu tidak mudah diubah,” tutur Kartini dalam Live Streaming Liputa

    Untuk menciptakan kebiasaan cuci tangan di masyarakat, Samsung melansir aplikasi Hand Wash bagi pengguna koleksi jam tangan pintar yang disebut Samsung Wearable.

    Muslikah masih mencoba mengikhlaskan kehilangan Zaenal Khabib sang suami, yang berprofesi sebagai perawat Puskesmas Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Zaenal dinyatakan meninggal dunia dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona.

    Berbagai gaya rambut coba diterapkan untuk membuat penampilan menjadi lebih trendy. Tak terkecuali gaya rambut yang terinspirasi dari Kdrama.

    Sembari bekerja di rumah, tidak ada salahnya bagi anda menyempatkan waktu untuk hal yang lebih bermanfaat. Misalnya melakukan hubungan intim di kala pandemi virus corona yang pastinya tetap aman.

    Menyambut libur panjang dan anjuran untuk di rumah saja selama pandemi covid-19, anda bisa membuat aktivitas yang menyenangkan bersama anak. Memasak bisa menjadi kegiatan yang tidak hanya meningkatkan kreatifitas anak, juga bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Berikut 10 resep masakan yang enak dan muda

    Pandemi covid-19 membuat banyak orang tua takut untuk membawa anak mereka keluar rumah. Terlebih untuk imunisasi yang mengharuskan untuk ke rumah sakit dan bertemu dengan tenaga medis. Namun, dokter anak menghimbau para orang tua untuk tetap melakukan imunisasi agar anak terlindungi dari penyakit menular.

    Anjuran dari pemerintah untuk tetap di rumah saja berdampak ada berkurangnya aktifitas tak hanya pada orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak yang bisa memicu obesitas. Dokter spesialis anak Cynthia Rindang Kusumaningtyas dalam siaran persnya yang dikutip dari Liputan6.com, mengatakan bahwa menonton televisi atau berm

    Anjuran baik dari pemerintah maupun WHO untuk menerapkan social distancing maupun physical distancing dapat menimbulkan jarak secara emosional dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, teman maupun umat persekutuan di tempat ibadah yang dapat saling memberikan dukungan.

    Pandemi covid-19 yang menyebabkan orang harus di rumah saja membuat banyak sekali perubahan. Para pekerja yang harus WFH (Work From Home) pada masa PSBB yang diterapkan di sejumlah daerah, memberikan efek suka ataupun duka, terutama pada pasangan suami istri.

    Maskne merupakan musuh utama saat menggunakan masker. Masker yang bergesekan dengan kulit menyebabkan wajah menjadi lebih berminyak dan menimbulkan jerawat. Terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung sensitif.

    Libur panjang menjadi hari yang sangat dinantikan semua orang, tidak terkecuali pada masa pandemi ini. Setelah berjibaku tujuh bulan bertahan di rumah saja, sebagian orang sudah mengalami kejenuhan dan kebosanan yang teramat sangat.

    Transportasi menjadi kendala utama bagi sebagian orang yang ingin sejenak melepas kejenuhan menghadapi pandemi ini. Masih banyak masyarakat yang khawatir dan ragu jika harus berpergian dengan menggunakan transportasi umum. Terlebih penyebaran virus covid-19 masih merajalela.

    Selama masa physical distancing yang diterapkan pemerintah untuk menekan jumlah penularan virus covid-19 membuat banyak masyarakat jenuh dan bosan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga merasakan hal yang sama, karena tidak bisa bersekolah dan bermain dengan bebas seperti sebelumnya.

    Paru-paru memiliki peranan penting dalam hidup manusia. Menurut American Lung Association manusia mengambil sekitar 20.000 nafas per harinya. Setiap napas yang masuk ini akan melalui sistem pernapasan, mulai dari hidung, tenggorokan, trakea, dan paru-paru.

    Di Indonesia banyak sekali minuman tradisional yang bisa menjaga daya tahan tubuh kita. Rempah- rempah yang sering ada disekitar kita seperti jahe, serai, kayu manis, kapulaga dan lain sebagainya. Bisa menjadi bahan utama untuk membuat minuman tradisional di rumah.

    Olahraga tetap harus dilakukan guna menjaga ketahanan tubuh supaya terhindar dari serangan virus corona yang belum ada obatnya. Berikut beberapa gerakan ringan yang bisa dilakukan selama kita di rumah saja.

    Nonton bioskop bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk sedikit me-refresh pikiran. Namun, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi supaya bioskop tidak menjadi cluster baru penyebaran virus Covid-19.

    Laga pekan ke-23 Shopee Liga I 2019 akan mempertemukan Persipura Jayapura siap menjamu Singo Edan Arema di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (20/10/2019).

    Laga panas pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019 akan mempertemukan PSM Makassar yang menjamu Persija Jakarta di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (20/10/2019).

    Gelaran Shopee Liga 1 Pekan ke-17 akan mempertemukan PSM Makassar dengan Persela Lamongan di Stadion Mattoangin, Minggu (1/9/2019).

    Arema FC harus rela berbagi angka dengan PSIS Semarang dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Hasil 1-1 menutup pertandingan yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (31/8/2019).

    Acara HUT SCTV Ke-29 dibuka dengan penampilan Agnez Mo. Agnez Mo membawakan lagu "Tanah Airku" ciptaan Ibu Sud dengan diiringi orkestra yang dipimpin oleh Erwin Gutawa.

    NOAH kembali menggebrak panggung HUT SCTV Ke-29. Setelah sebelumnya Ariel cs telah menghibur Sahabat Noah dengan lagu "Hidup Untukmu Mati Tanpamu" dan "Separuh Aku", di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (24/8/2019).

    Persebaya harus puas berbagi angka dengan Persija usai pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1, pada laga pekan ke-16 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (24/8/2019) sore.

    Semua gol Madura United ke gawang PSIS tercipta di babak kedua. Laskar Sapeh Kerab menang melalui gol-gol Alfath Fathier menit 59, David Laly menit 71, dan bunuh diri Patrick Silva Mota menit 76.

    Gol tunggal Renan Silva membawa Borneo FC unggul tipis atas Semen Padang, pada pertandingan pekan ke-16 Shopee Liga 1 2019, Sabtu (24/8/2019)yang dihelat di Stadion Segiri, Samarinda.

    Tuan rumah Persipura masih harus menelan pil pahit usai ditahan imbang PSS Sleman dengan skor 1-1 pada pertandingan Shopee Liga 1, Jum'at (31/05) di Stadion Mandala Jayapura.

    Penyelenggaraan Shopee Liga 1 hari Senin (20/5/2019) akan menghelat dua pertandingan. Empat tim yang akan bertarung sengit yaitu PSM Makassar melawan Semen Padang. Serta PS Barito Putra akan menjamu Persija Jakarta di Stadion 17 Mei, Banjarmasin. Berikut jadwal lengkapnya.

 |<<    3  4  5  6  7  8  9    >>|