MERDEKA.COM » REPORTER » TITAH MRANANI
157 berita dan foto

    Menanggapi kemunculan klaster dalam sektor pendidikan, Wiku meminta agar pihak sekolah segera melakukan pelacakan (tracing) dan pemeriksaan (testing) kontak erat. Ketika terjadi kasus penularan virus Corona saat PTM, pihak satuan pendidikan harus segera menindaklanjuti.

    Namun kemudian, pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama Pandemi COVID-19 ternyata berdampak negatif bagi para siswa/i. Hal ini seperti yang telah didiskusikan oleh Forum Wartawan Pendidikan dan Kebudayaan dengan beberapa narasumber berkompeten di dunia mengajar serta Kemendikbud.

    “Meskipun gejala long COVID-19 ini bisa diatasi secara medis, pasien COVID-19 tetap perlu selalu waspada. Apabila mengalami long COVID-19, pasien harus lebih hati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari, namun bukan berarti berhenti sepenuhnya,” jelas dr. Jeffri.

    Lebih jauh, Michael memberikan imbauan pada keluarga pasien ODD untuk memerhatikan riwayat penyakitnya. Jika ada penyakit penyerta seperti diabetes atau hipertensi, maka hal tersebut perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum vaksinasi COVID-19.

    Jika menggunakan kendaraan antar jemput: gunakan masker, jaga jarak dan membuka jendela mobil.

    Dalam pelaksanaannya, Kemenkes telah mempersiapkan situs khusus dengan alamat vaksinln.dto.kemkes.go.id bagi para WNI maupun WNA untuk mendaftarkan diri.

    "Jangan sia-siakan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan ini. Bagaimana caranya? Tentu saja, dengan memberikan perlindungan kesehatan maksimal pada diri masing-masing," pesan Plate melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Sabtu (28/8/2021) malam.

    “Modal awal, saya pinjam uang ke tetangga untuk uji coba. Alhamdulillah, kue bunda pertama kali dilirik oleh artis Indonesia, Ira Swara,” ujarnya pada Jumat (24/9/2021).

    “Yang akhirnya bisa makan whole grain, protein, folat dan B6 dari pisang, sehingga mikronutrien juga akan lebih lengkap,” papar dr. Juwalita.

    "Konsumsi banyak lemak terutama lemak jenuh akan bisa menyebabkan kondisi peradangan lebih berat akhirnya yang mungkin keluhannya ringan tetapi karena konsumsi yang salah, akhirnya menjadi lebih berat gejalanya," ujarnya dalam webinar berjudul "Bahaya Salah Asupan Saat Pandemi dan Isoman", Rabu.

    Hasil penelitian peneliti China di Guangzhou tersebut diatas, menunjukkan: 59,0 persen dapat mencegah COVID-19 bergejala, 70,2 persen mencegah COVID-19 gejala sedang, dan 100 persen mencegah COVID-19 gejala berat

    Disamping itu, menurut Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), Ketua Komnas KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), selain menyasar ibu hamil, pemerintah juga menetapkan target pada anak dengan rentang usia 12-17 tahun sebagai sasaran penerima vaksinasi COVID-19.

    Kegiatan mencuci hidung merupakan salah satu terapi yang sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit hidung, seperti: sinusitis, rhinitis, dan infeksi saluran pernapasan atas. Tindakan ini juga efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dan alergi.

    "Hasil menunjukkan kombinasi antara vaksin AstraZeneca dan Pfizer yang diberikan empat minggu setelah dosis pertama berhasil meningkatkan kekebalan tubuh," ujar Peneliti Utama, Profesor Matthew Snape, dikutip Pharmaceutical Technology pada Jumat, 20 Agustus 2021.

    Dan dalam pembahasan yang lebih jauh, penggunaan masker bahkan berkaitan dengan citra diri, dimana peneliti telah menemukan bahwa laki-laki lebih memilih untuk tidak memakai masker karena menganggap bahwa ini adalah hal yang memalukan, tanda kelemahan dan tidak keren.

    "Tentunya musibah ini adalah kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Kita juga harus intropeksi diri dan lebih banyak berempati dan ibadah, saling bantu dengan sesama serta wajib menolong orang yang kesusahan," tutupnya.

    Siapa yang tidak gemas dengan bayi mungil yang baru saja lahir ke bumi? Entah itu anak dari saudara, sahabat, kolega atau kerabat lainnya, tentu kebanyakan dari kita ingin menjenguknya sebagai bentuk penyambutan selamat datang.

    Isolasi mandiri yang bisa dilakukan di rumah, tidak serta merta dijalani dengan ala kadarnya saja. Oleh sebab itu agar lebih aman, sebaiknya para pasien aktif berkonsultasi dibawah pengawasan dokter. Dan kabar baiknya, saat ini sudah banyak layanan telekonsultasi dokter gratis untuk mendampingi pasien isoman.

    Meski banyak juga masyarakat atau orang-orang yang merasa enggan atau tidak nyaman karena wajah menawannya harus tertutupi masker. Tapi tampaknya, kekhawatiran itu tidak diperlukan lagi. Mengapa? Karena baru-baru ini sebuah penelitian membuktikan bahwa memakai masker ternyata membuat seseorang tampak lebih menarik seca

    Tidak hanya orang dewasa, kalangan anak-anak pun dianjurkan untuk mendapatkan vaksin. Seperti dilansir dari fimela.com, Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, telah mengesahkan vaksin COVID-19 jenis Pfizer untuk anak usia 12 sampai 15 tahun di Amerika Serikat.

   1  2  3  4  5  6  7    >>|