MERDEKA.COM » REPORTER » TITAH MRANANI
157 berita dan foto

    Direktur Institut Genetika Universitas College London (UCL) Prof. Francois Balloux mengungkapkan bukti-bukti bahwa varian Delta AY.4.2 merupakan varian yang 10% lebih menular dibandingkan varian Delta aslinya.

    Meski tengah mengandung anak ketiga dan menunggu waktu lahiran yang tinggal menghitung hari, Yulian mengatakan bahwa Rohaetin tanpa lelah tetap membantu teman sejawatnya merawat pasien-pasien yang terkonfirmasi positif covid-19.

    Hampir 80% dari mereka yang terinfeksi telah divaksinasi lengkap, sebagian besar dengan vaksin COVID-19 Pfizer. Empat dari 172 orang yang tertular covid-19 dirawat di rumah sakit selama pandemi, tiga diantaranya tidak divaksinasi.

    Efek samping seperti menggigil, bengkak di tempat suntikan, mual, muntah, diare, sakit perut, ruam dan kemerahan di tempat suntikan lebih jarang dilaporkan. Hasil penelitian menunjukkan lebih banyak orang yang mengalami reaksi di tempat suntikan setelah dosis ketiga daripada yang kedua.

    Nana menjelaskan bahwa vaksinasi covid-19 yang diberikan pada usia kandungan diatas 12 minggu relatif aman untuk ibu dan bayi.

    Hasil dari penelitian, sekitar setengah dari orang dewasa yang diteliti, antibodi penetralisir tidak terdeteksi pada 6 bulan setelah dosis kedua, terutama pada varian virus covid-19 seperti Delta, Beta dan Mu.

    Menurut panduan resmi dari CDC, bila memungkinkan, orang yang menerima vaksin COVID-19 Pfizer harus mendapatkan dua dosis dan dosis booster yang sama, jika memenuhi syarat.

    Studi lain di California dan Italia juga menunjukkan betapa emosional dan kecemasan abnormal membebani para ibu hamil yang bisa menimbulkan risiko depresi yang berlipat ganda di tengah masa covid-19.

    Bisnis jamu gendong menjadi salah satu sektor yang bisa menumbuhkan ekonomi keluarga bahkan para petani, karena mereka memproduksi sendiri dan tidak mendatangkan dari Jawa Tengah.

    Gejala umum yang terlihat setelah sembuh dari covid-19 adalah rasa lelah yang tak kunjung reda. Selain itu, penurunan stamina yang membuat anak-anak cepat lelah saat beraktifitas dan ada juga yang mengalami rasa ingin tidur di segala kesempatan.

    "Sanksi tegas pasti dijatuhkan bagi yang melanggar," ujar kata Plate seperti yang dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (16/10/2021).

    Hasil analisis juga menunjukkan perbedaan pada cara vaksin menghasilkan antibodi. Pada vaksin pfizer dan Moderna melonjak dan kemudian turun dengan cepat. Sedangkan antibodi Johnson & Johnson lebih stabil dari waktu ke waktu.

    Kebutuhan vaksinasi untuk ibu hamil bisa dikategorikan mendesak, karena jika ibu hamil terinfeksi covid-19, maka mereka akan berada pada risiko penyakit serius yang jauh lebih besar.

    Intinya, hal tersebut tidak bisa dibedakan. Karena meskipun gejala demam adalah sakit kepala, sakit tenggorokan dan pilek, namun gejala-gejala tersebut juga menjadi beberapa gejala utama covid-19.

    Pada wawancara tersebut, Deddy juga bertanya mengenai kebenaran orang yang alami long COVID-19 jadi tidak bisa ereksi. Mengenai hal itu, Erlina mengatakan bahwa hal itu bisa saja terjadi mengingat COVID-19 adalah penyakit sistemik yang menyerang seluruh sistem.

    Erlina juga menyebut bahwa masyarakat umum, khususnya lansia, perlu mewaspadai gejala komorbid yang muncul jelang suntik vaksin. Hal tersebut terutama berlaku bagi penyandang autoimun.

    1. Penyintas dengan derajat keparahan penyakit ringan sampai sedang, vaksinasi diberikan dengan jarak waktu minimal 1 (satu) bulan setelah dinyatakan sembuh

    Secara teoritis, terapi ini mampu mencegah perkembangan infeksi yang lebih parah pada pasien covid-19 bergejala sedang. Tetapi ada juga penelitian yang menunjukkan terapi ini tidak memiliki efek menguntungkan secara signifikan pada pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

    “Caranya bagaimana? Misalnya, orang tua bisa membuat spot khusus yang bisa diidentifikasi oleh anak bahwa orang tuanya sedang bekerja, sehingga anak juga tahu kalau ini adalah waktunya ayah-bunda bekerja, sehingga harus bermain sendiri untuk sementara waktu,” papar dr. Mesty.

    Di sisi lain, Iris Rengganis selaku Ketua Tim Advokasi Vaksinasi COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB ID) menjelaskan, berbagai vaksin telah dikenal sejak lama. Beberapa jenis vaksin juga harus diulang secara berkala karena mutasi virus terus berlangsung.

   1  2  3  4  5  6  7    >>|