MERDEKA.COM » REPORTER » TITAH MRANANI
145 berita dan foto

    Budi mengatakan bahwa banyak masyarakat yang khawatir demam usai divaksin. Menanggapi hal tersebut, Budi mengungkapkan bahwa demam adalah reaksi yang wajar usai divaksin.

    Jauh sebelum virus corona, virus influenza juga sempat menimbulkan pandemi. Kedua virus ini sama-sama mengalami mutasi, sehingga varian atau subtipe barunya menyebar lebih cepat ke penjuru negeri.

    Melalui keterangan pers yang dikutip dari Liputan6.com, BPOM menjelaskan vaksin Covovax merupakan vaksin dengan platform rekombinan protein subunit glikoprotein spike menggunakan vaksin adjuvant Matrix-M1.

    Berdasarkan hasil utama uji klinis FASE III multicenter secara global, dampak efek samping merugikan ditemukan serupa dengan uji klinis Fase I/II yang dilakukan pada remaja dan anak-anak di Tiongkok.

    Dalam penjelasannya, menurut Amin, tidak semua infeksi covid-19 yang diakibatkan varian Delta itu berat dan tidak semua yang berat itu karena Delta. Dengan kata lain, jika Delta Plus disebut lebih ganas di negara lain, maka hal tersebut belum tentu sama jika virus tersebut ada di Indonesia.

    Oleh karena itu, layanan dari Kemenkes ini sebetulnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Terutama bagi mereka yang belum mendapatkan sertifikat, terkendala mengaksesnya di Aplikasi PeduliLindungi, pengecekan status, hingga mengubah info diri.

    Rekomendasi di atas juga memberi catatan, imunisasi untuk anak dengan kanker dalam fase pemeliharaan, penyakit kronis atau autoimun yang terkontrol dapat mengikuti panduan imunisasi umum dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter penanggung jawab pasien sebelumnya.

    Tak hanya Indonesia, Kuba merupakan negara pertama yang mengizinkan vaksin covid-19 untuk anak di bawah 12 tahun. Kemudian disusul China, Chile, Uni Emirat Arab (UEA) dan Amerika Serikat.

    Direktur Institut Genetika Universitas College London (UCL) Prof. Francois Balloux mengungkapkan bukti-bukti bahwa varian Delta AY.4.2 merupakan varian yang 10% lebih menular dibandingkan varian Delta aslinya.

    Meski tengah mengandung anak ketiga dan menunggu waktu lahiran yang tinggal menghitung hari, Yulian mengatakan bahwa Rohaetin tanpa lelah tetap membantu teman sejawatnya merawat pasien-pasien yang terkonfirmasi positif covid-19.

    Hampir 80% dari mereka yang terinfeksi telah divaksinasi lengkap, sebagian besar dengan vaksin COVID-19 Pfizer. Empat dari 172 orang yang tertular covid-19 dirawat di rumah sakit selama pandemi, tiga diantaranya tidak divaksinasi.

    Efek samping seperti menggigil, bengkak di tempat suntikan, mual, muntah, diare, sakit perut, ruam dan kemerahan di tempat suntikan lebih jarang dilaporkan. Hasil penelitian menunjukkan lebih banyak orang yang mengalami reaksi di tempat suntikan setelah dosis ketiga daripada yang kedua.

    Nana menjelaskan bahwa vaksinasi covid-19 yang diberikan pada usia kandungan diatas 12 minggu relatif aman untuk ibu dan bayi.

    Hasil dari penelitian, sekitar setengah dari orang dewasa yang diteliti, antibodi penetralisir tidak terdeteksi pada 6 bulan setelah dosis kedua, terutama pada varian virus covid-19 seperti Delta, Beta dan Mu.

    Menurut panduan resmi dari CDC, bila memungkinkan, orang yang menerima vaksin COVID-19 Pfizer harus mendapatkan dua dosis dan dosis booster yang sama, jika memenuhi syarat.

    Studi lain di California dan Italia juga menunjukkan betapa emosional dan kecemasan abnormal membebani para ibu hamil yang bisa menimbulkan risiko depresi yang berlipat ganda di tengah masa covid-19.

    Bisnis jamu gendong menjadi salah satu sektor yang bisa menumbuhkan ekonomi keluarga bahkan para petani, karena mereka memproduksi sendiri dan tidak mendatangkan dari Jawa Tengah.

    Gejala umum yang terlihat setelah sembuh dari covid-19 adalah rasa lelah yang tak kunjung reda. Selain itu, penurunan stamina yang membuat anak-anak cepat lelah saat beraktifitas dan ada juga yang mengalami rasa ingin tidur di segala kesempatan.

    "Sanksi tegas pasti dijatuhkan bagi yang melanggar," ujar kata Plate seperti yang dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (16/10/2021).

    Hasil analisis juga menunjukkan perbedaan pada cara vaksin menghasilkan antibodi. Pada vaksin pfizer dan Moderna melonjak dan kemudian turun dengan cepat. Sedangkan antibodi Johnson & Johnson lebih stabil dari waktu ke waktu.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|