MERDEKA.COM » REPORTER » SULAEMAN
2929 berita dan foto

    Taufiek mengungkapkan, sejauh ini pihaknya belum menerima informasi resmi terkait rencana memperluas insentif PPnBM-DTP terhadap mobil dengan kapasitas silinder mesin 3.000 cc ke atas.

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengaku terkejut atas tingginya antusias pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mengikuti program Vaksin Gotong Royong. Hal ini tercermin dari jumlah UKM yang telah mendaftar program vaksinasi mandiri tersebut.

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mencatat, saat ini sebanyak 22.736 perusahaan yang mendaftarkan diri untuk mengikuti program Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong. Angka itu mencakup 10 juta pekerja maupun karyawan.

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI saat ini telah menerapkan ketentuan terbaru terkait persyaratan penumpang setelah berakhirnya masa peniadaan mudik Lebaran 2021. Di antaranya seluruh pelanggan KA Jarak Jauh tidak perlu lagi menyertakan surat izin perjalanan.

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi langkah pemerintah daerah (pemda) yang tegas menutup sementara destinasi wisata karena tidak menaati protokol kesehatan. Menurutnya, langkah tegas itu diperlukan untuk mencegah penularan virus Covid-19 di area wisata.

    Sandiaga mencatat, sejauh ini, setidaknya 2.000 kamar hotel telah ludes di pesan terkait pelaksanaan munas tersebut. Jumlah tersebut merujuk data yang telah dilaporkan kepadanya.

    Sandiaga menyampaikan, untuk saat ini, sebaiknya pemerintah mendengarkan dulu masukan dari pelaku usaha di sejumlah sektor yang terdampak parah pandemi Covid-19. Termasuk pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

    Sandiaga mengungkapkan, percepatan penyaluran dana sendiri penting untuk menjaga kelangsungan bisnis pelaku usaha parekraf. Mengingat, saat ini mereka tengah dihadapkan dalam kondisi keuangan sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

    Shopee Indonesia membantah kebijakan pembatasan penjualan 13 jenis produk asing di platform mereka buah dari paksaan pemerintah. Hal ini disampaikan langsung oleh Executive Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja.

    Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengapresiasi, langkah Shopee yang membatasi masuknya penjual cross border untuk 13 kategori produk ke pasar Indonesia. Kebijakan ini termasuk peninjauan kembali atas kebijakan logistik bagi produk lintas batas.

    Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Chairul Fadhly Harahap menyampaikan, sampai saat ini proses pelayanan untuk permohonan baru penggunaan Tenaga Kerja Asing masih tetap dihentikan sementara. Namun hal ini dikecualikan bagi TKA yang bekerja pada Proyek Strategis Nasional dan obyek vital strategis/nasional.

    Shopee Indonesia mengklaim keputusan untuk melarang penjualan 13 kategori jenis produk dari luar negeri tidak akan membuat perusahaan rugi. Sebab, volume transaksi produk impor di Shopee diklaim relatif kecil.

    Shopee Indonesia membuka peluang untuk menambah daftar jenis produk dari luar negeri atau impor yang dilarang diperdagangkan pada platform mereka. Saat ini, tercatat baru 13 jenis produk yang telah dihapus marketplace orange tersebut.

    Shopee Indonesia resmi menutup akses masuk untuk penjualan 13 kategori jenis produk dari luar negeri. Langkah proteksi tersebut guna melindungi kelangsungan bisnis UMKM dalam negeri atas maraknya fenomena penjual asing berdagang atau menjual produk impor (cross border) di sejumlah platform e-commerce.

    Garuda Indonesia Group melalui lini layanan penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink, menjadi maskapai penerbangan nasional pertama di Indonesia yang melayani penerbangan dengan pilot dan awak kabin yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara lengkap.

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali mengoperasikan KA Jarak Jauh ke berbagai daerah pada masa pengetatan pasca peniadaan mudik yaitu 18 Mei hingga 24 Mei 2021. Adapun kumlahnya mencapai rata-rata 144 KA Jarak Jauh per hari.

    Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menyampaikan, informasi terbaru mengenai persyaratan dan ketentuan yang diperlukan bagi setiap calon penumpang yang akan melakukan perjalanan udara setelah masa peniadaan mudik.

    Produk kabel (wires) Indonesia terbebas dari pengenaan safeguard duty atau Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) Pemerintah Ukraina. Keputusan Pemerintah Ukraina ini membuka peluang peningkatan ekspor produk kabel Indonesia ke Ukraina.

    Airlangga menyebut, aturan pelaksana terkait tempat wisata harus mengacu pada kebijakan PPKM Mikro. Di antaranya menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan mewajibkan pengunjung untuk menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak di seluruh area wisata.

    Keputusan penerapan kebijakan ini merupakan hasil dari koordinasi antar instansi pusat dan daerah. Mulai 15 Mei 2021 akan dilakukan Mandatory Check Covid-19 atas Dokumen Rapid Test-PCR, Swab-Test Antigen dan GeNose di Pelabuhan Bakauheni untuk semua pelaku perjalanan (sesuai SE-13/2021).

 |<<    9  10  11  12  13  14  15