MERDEKA.COM » REPORTER » SAUGY RIYANDI
9265 berita dan foto

    Pangeran Alwaleed Bin Talal Alsaud merupakan orang terkaya di Arab Saudi. Beliau memiliki bisnis yang tersebar di dunia, salah satunya Kingdom Holding Copanye yang bergerak di bidang properti dan infrastruktur.

    "Koordinasi antar KL itu ditingkatkan. Tidak boleh mikir sektoral. Kalau kita ingin mengentaskan kemiskinan, pendekatan harus terintegrasi karena ini multidimensional. Tidak bisa disentuh dari pendidikan dan kesehatan saja, tetapi dari seluruh kementerian," ujar Kepala BPS, Suhariyanto.

    Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengakui, belanja pemerintah memang tidak terlalu menggembirakan. Sebab, banyak perencanaan di kementerian dan lembaga selalu digenjot di akhir tahun.

    Kepala BPS Suhariyanto mengatakan penambahan pengangguran ini harus diwaspadai. Meskipun, jika dilihat dari total angkatan kerja, jumlah pengangguran ini belum memberikan kontribusi yang buruk ke ekonomi Indonesia.

    "Pertumbuhan ekonomi triwulan ini memang baik, walaupun cenderung moderat. Pemerintah memiliki peluang untuk meningkatkan lagi,” ujar Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN,) Arif Budimanta.

    Anjlok paling parah terjadi di sektor pertanian yang melambat menjadi 2,12 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya mencapai 2,79 persen.

    Belakangan ini tren konsumsi mengalami peralihan. Peralihan konsumsi dapat dilihat dari belanja kebutuhan non leisure menjadi belanja yang mengisi kegiatan waktu luang atau (leisure activities).

    Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, berdasarkan wilayah penyumbang pertumbuhan ekonomi paling besar berada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Sumbangan kedua pulau tersebut mencapai 80 persen.

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran di Indonesia bertambah 10.000 dalam satu tahun terakhir. Total pengangguran Indonesia mencapai 7,04 juta orang per Agustus 2017. TPT untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) paling tinggi diantara tingkat pendidikan lain, yaitu sebesar 11,41 persen.

    Selain membicarakan perkembangan ekonomi Indonesia, tiga punggawa ekonomi Indonesia berdiskusi tentang pembiayaan infrastruktur yang akan digenjot pemerintah.

    Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius Kiik Ro mengatakan, pembentukan holding BUMN Perbankan masih diselaraskan dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, BUMN tengah fokus berkoordinasi dengan OJK dan Bank Indonesia.

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di Triwulan III-2017 mencapai 5,06 persen. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan pertumbuhan ekonomi ini dipacu oleh adanya perbaikan ekonomi global, khususnya meningkatnya perekonomian di negara-negara maju.

    Angka tersebut lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2017 yang hanya 5,01 persen. Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi triwulan I-III 2017 mencapai 5,03 persen. Secara kuartal ke kuartal (Q to Q), pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 3,18 persen.

    PT Pertamina (Persero) memiliki strategi untuk mengatasi kelangkaan gas elpiji subsidi atau 3 Kilogram (Kg) di berbagai daerah. Salah satunya, Pertamina bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Kota dan Kabupaten untuk membuat edaran larangan PNS memakai gas elpiji subsidi.

 |<<    2  3  4  5  6  7  8    >>|