MERDEKA.COM » REPORTER » SAUGY RIYANDI
210 berita dan foto

    "Pertumbuhan ekonomi triwulan ini memang baik, walaupun cenderung moderat. Pemerintah memiliki peluang untuk meningkatkan lagi,” ujar Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN,) Arif Budimanta.

    Anjlok paling parah terjadi di sektor pertanian yang melambat menjadi 2,12 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya mencapai 2,79 persen.

    Belakangan ini tren konsumsi mengalami peralihan. Peralihan konsumsi dapat dilihat dari belanja kebutuhan non leisure menjadi belanja yang mengisi kegiatan waktu luang atau (leisure activities).

    Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, berdasarkan wilayah penyumbang pertumbuhan ekonomi paling besar berada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Sumbangan kedua pulau tersebut mencapai 80 persen.

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran di Indonesia bertambah 10.000 dalam satu tahun terakhir. Total pengangguran Indonesia mencapai 7,04 juta orang per Agustus 2017. TPT untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) paling tinggi diantara tingkat pendidikan lain, yaitu sebesar 11,41 persen.

    Selain membicarakan perkembangan ekonomi Indonesia, tiga punggawa ekonomi Indonesia berdiskusi tentang pembiayaan infrastruktur yang akan digenjot pemerintah.

    Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius Kiik Ro mengatakan, pembentukan holding BUMN Perbankan masih diselaraskan dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, BUMN tengah fokus berkoordinasi dengan OJK dan Bank Indonesia.

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di Triwulan III-2017 mencapai 5,06 persen. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan pertumbuhan ekonomi ini dipacu oleh adanya perbaikan ekonomi global, khususnya meningkatnya perekonomian di negara-negara maju.

    Angka tersebut lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2017 yang hanya 5,01 persen. Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi triwulan I-III 2017 mencapai 5,03 persen. Secara kuartal ke kuartal (Q to Q), pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 3,18 persen.

    PT Pertamina (Persero) memiliki strategi untuk mengatasi kelangkaan gas elpiji subsidi atau 3 Kilogram (Kg) di berbagai daerah. Salah satunya, Pertamina bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Kota dan Kabupaten untuk membuat edaran larangan PNS memakai gas elpiji subsidi.

    Pemerintah memulai kajian untuk menerapkan wilayah Bekasi Cikarang sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk meningkatkan investasi asing di kawasan industri.

    Cerita Pertamina wujudkan BBM satu harga, termasuk kirim ke daerah rawan di Sulawesi. Selain ke daerah rawan konflik, Pertamina juga harus mendistribusikan BBM ke lokasi yang berbukit-bukit. Pertamina juga harus berhadapan dengan cuaca buruk saat mengangkut BBM dengan kapal laut.

    Program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah dilakukan di berbagai daerah 3T. Ditargetkan, 54 wilayah terpencil dan terluar mendapatkan harga BBM sama dengan Pulau Jawa. Untuk Sulawesi, 21 wilayah terluar dan terpencil masuk dalam program ini.

    Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memiliki strategi untuk menurunkan harga gas bumi untuk pelaku industri. Salah satunya, menurunkan tarif toll fee di setiap jaringan distribusi gas ke kawasan industri. BPH Migas juga akan mengatur biaya regasifikasi gas alam cair.

    Anggota Komite BPH Migas, Jugi Prajogo mengatakan, kawasan industri di Indonesia kekurangan tangki LNG atau LNG hub yang menghubungkan pemberi alokasi gas ke penerima gas. Saat ini, tangki terminal LNG baru ada dua di Indonesia yang berada di Belawan, Medan dan FSRU Nusantara Regas, Jakarta.

    Kemunculan BBM RON 89 akan menimbulkan persaingan tidak sehat dalam bisnis BBM. Untuk itu, DPR akan segera memanggil Menteri ESDM, Ignasius Jonan guna menjelaskan kehadiran SPBU Vivo yang menjual BBM RON 89.

    Anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris mengatakan, Pertamina tidak boleh memikirkan keuntungan semata dalam pendistribusian BBM Satu Harga. Menurutnya, yang terpenting masyarakat mendapatkan harga BBM yang murah.

    Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menemukan adanya cadangan migas yang besar di Simeleu, Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Cadangan migas tersebut mencapai 230 miliar barel. Cadangan migas Arab Saudi diperkirakan mencapai 220 miliar barel.

    "UU Migas ditenggarai sarat pesan liberalisasi. Alasannya, migas bukan lagi jadi komoditi strategis melainkan dijadikan komoditi pasar. Ini faktanya. Selain itu, Mekanisme harga diserahkan pada pasar bukan pada pemerintah. Inilah peran BPH migas untuk mengawasinya."

    Anggota Komite BPH Migas, Sumihar Panjaitan mengatakan, pemanfaatan gas bumi cenderung masih banyak tersebar di Pulau Jawa. Padahal, Indonesia Timur juga memiliki cadangan gas bumi terbanyak mencapai 35,76 persen, terdiri dari Papua 19,03 persen dan Maluku 16,73 persen.

   1  2  3  4  5  6  7    >>|