MERDEKA.COM » REPORTER » MOHAMAD TAUFIK
210 berita dan foto

    Banjir di Stasiun Weleri Semarang, perjalanan kereta api terganggu. Terhentinya perjalanan kereta dimanfaatkan penumpang untuk beristirahat. Para penumpang yang turun memilih menunggu perjalanan sambil menyeruput kopi dan makanan di area Stasiun Weleri.

    Dilaunching di Beijing, begini 'wajah' Xiaomi Mi Mix 2. Kasak kusuk soal tampilan produk anyar Xiaomi, Mi Mi 2, yang belakangan ini ramai diributkan warga net akhirnya terjawab sudah. Ponsel pintar ini memiliki rasio aspek 18:9. Dengan lebar layar 5,99 inchi.

    Dua hari sebelum peluncuran produk anyar iPhone ini, produsen produk serupa asal China, Xiaomi rupanya juga sudah merilis lebih dulu produk unggulan mereka, yakni Xiaomi Mi Mix 2. Produk ponsel flagship ini disebut-sebut bakal menjadi 'lawan tanding' iPhone 8 di pasaran.

    Selain meluncurkan ponsel pintar (smartphone) unggulan Mi Mix 2, Xiaomi juga sekaligus mengenalkan Mi Note 3 yang disebut-sebut sebagai reinkarnasi dari Mi 6. Hanya saja sebagai produk baru, Mi Note 3 memiliki beberapa perbedaan dengan 'kakaknya' itu.

    Menteri Hanif Dhakiri pada Rabu sore kemarin menerima perwakilan dari AJI dan FSPM Independen yang mendampingi karyawan korban PHK Koran Sindo. Selama satu setengah jam Hanif mendengar keluh kesah sejumlah karyawan yang masih belum dibayarkan pesangon oleh manajemen Koran Sindo.

    "Apapun nanti strateginya, yang jelas nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan sejak dini," kata Anas.

    Kebijakan Presiden Jokowi membentuk Unit Kerja Presiden Bidang Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP PIP) bisa menjadi garda depan penanaman nilai-nilai Pancasila.

    Menurut dia, apapun etnisnya, untuk membangun sebuah negara memiliki kesempatan yang sama. Manusia, dia melanjutkan, tidak bisa memilih mau lahir di mana, etnisnya apa.

    "Saya mengubah Dolly itu bukan semata menutup pelacuran, tapi saya ingin menyelamatkan anak-anak yang berada di situ."

    Penampilan ini diawali dengan masuknya barisan pemain musik tradisional Banyuwangi yang diiringi tari Kuntulan.

    KNKS memiliki sejumlah tantangan yang akan dihadapi oleh masing-masing sektor dalam ekonomi syariah, misalnya sektor keuangan, perbankan, asuransi, pasar modal, juga tabungan haji.

    Pada semester pertama 2015 perbankan syariah juga telah membukukan angka pertumbuhan sebesar 7,96 persen. Dengan begitu, pertumbuhan aset perbankan syariah secara global bertahan di angka double digit pada akhir 2015.

    Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, mengatakan sektor perbankan syariah masih mendominasi pasar keuangan syariah secara global, yakni mencapai 80 persen. Bank syariah juga masih kukuh bertahan dengan mencatatkan pertumbuhan cukup signifikan di tengah badai krisis keuangan global.

    KNKS dirancang sebagai wadah koordinasi antar lembaga yang akan merumuskan berbagai rekomendasi kebijakan kepada otoritas terkait, dan tidak akan memiliki fungsi yang tumpang tindih dengan otoritas yang telah berfungsi pada saat ini.

    Zakat dan wakaf sebagai motor pertumbuhan belum termanfaatkan. Mengingat, potensi dana yang bisa dikelola dari zakat dan wakaf cukup besar. Data Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang menyebut potensi dana zakat yang bisa dikelola mencapai Rp 200 triliun dan tanah wakaf mencapai 4 juta hektar.

    Zakat dan wakaf dapat berkontribusi kepada kemakmuran sosial-ekonomi bangsa. Keduanya selalu disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan, yaitu masyarakat paling terdampak oleh resesi. Karena sifatnya wajib, zakat juga akan terus mengalir secara proporsional dengan harta atau pendapatan.

    Industri syariah ini tetap 'seksi' di tengah perlambatan ekonomi. Sektor-sektor itu antara lain; fesyen islami, travel islami dan media. Namun demikian, Hendar tidak menampik bila saat ini keuangan Syariah sedang masuk dalam fase penurunan akibat perlambatan ekonomi global yang berkepanjangan.

    ISEF 2016 bahas produk dan akad keuangan syariah khas Indonesia. Pembahasan ini penting dilakukan untuk refleksi pengaturan dan pengembangan yang mengedepankan prinsip-prinsip syariah, serta untuk pembelajaran dalam penyusunan produk dan akad keuangan syariah selanjutnya.

    BI: Masyarakat lebih mengenal Pokemon dibanding istilah syariah. BI menyebut rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai keuangan syariah disebabkan banyak penggunaan istilah asing. Masyarakat kesulitan dalam memahami istilah dalam Bahasa Arab pada produk keuangan syariah.

    Edukasi tersebut menjadi salah satu pilar pendorong pertumbuhan industri keuangan syariah. Edukasi ini, katanya, harus dimulai dari tingkat pelajar (SMA/SMK), selanjutnya mahasiswa dan pelaku ekonomi.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|