MERDEKA.COM » REPORTER » IBRAHIM HASAN
107 berita dan foto

    Bahan fashion dari kertas lembut menjadi incaran setiap orang. Namun ada tas yang terbuat dari kain bertekstur kasar. Kain goni biasa dipakai pembuat karung goni menjadi bahan utama bidang lukisan indah dan menawan. Aneka tas kain goni bahkan bisa tembus hingga pasar Internasional.

    Senyum cantik mereka semakin terpancar jelita berbalut busana Sulawesi Tenggara. Baju khas Suku Tolaki bernama Babu Nggawi menjadikan para wanitanya semakin cantik menawan. Manik-manik dan aksesoris berkilau membuat penampilan semakin elegan.

    Mata mereka biru berkilau ditengah kulit berwarna cokelat. Pemandangan unik ini terjadi pada penduduk asli Indonesia. Mereka ialah Suku Buton yang memiliki keistimewaan genetik langka. Kilau mata mereka menjadi hal spesial yang harus dikagumi keistimewaannya.

    Lumpur meletup lembut selama ratusan tahun, membentuk gundukan layaknya gunung strato vulkanik. Bledug Kramesan menjadi fenomena alam berjajar dengan bledug yang ada di Grobogan. Gundukan tanah menjulang setinggi 25 meter, mengalahkan Bledug Kuwu yang hanya 3 meter.

    Cantik eksotis menjadi kesan pertama kali saat melihat perempuan berbalut Pattuqduq Towaine. Baju khas adat Suku Mandar, Sulawesi Barat. Kesan menawan baju adat mereka ternyata punya makna mendalam bagi pemakainya.

    Paras mereka semakin menawan saat mengenakan Ulos. Sebuah kain sederhana namun punya berbagai pesan moral dan doa bagi pemakainya. Perempuan Batak akan semakin cantik menawan ketika memakai Ulos. Begitu pula bagi laki-laki yang merupakan simbol akan tanggung jawab.

    Bak membelah bukit dan pepohonan, Air Terjun Bossolo memang menawan. Air Terjun di Jeneponto ini menyuguhkan pesona yang memikat wisatawan. Ada dua spot yang menjadi daya tarik wisatawan. Keduanya sama-sama menyajikan pemandangan dan kesejukan yang tiada habisnya.

    Pesona kecantikan merona semakin terpancar berbalut pakaian adat Ta'a Sapei Sapaq. Pakaian khas Suku Dayak ini memiliki makna yang mendalam di balik meriahnya aksesoris pakaian ini. Cantik eksotis dan natural yang menyatu dengan alam.

    Teknik menggambar ini tidak menggunakan pensil, bolpoin maupun spidol. Menggunakan bara api, pirografi menjadi teknik unik para seniman. Tak hanya sekedar menggambar, keterampilan membakar dengan perlahan menjadi tantangan utama dalam membuat lukisan terbakar.

    Seorang tuna netra membuat karya seni merupakan fenomena yang menakjubkan. Mereka istimewa, mengandalkan indra peraba dan perasa untuk membuat karya seni. Ia bernama Sartono, penyandang tuna netra yang tak patah semangat meski memiliki keterbatasan vital terhadap pekerjaan yang dia geluti.

    Perasaan ngeri dan mencengangkan akan berasa ketika berada di Pasar Beriman Tomohon. Pasar ini punya keunikan yang menyedot perhatian dunia. Bukan kambing, sapi maupun ayam. Pasar Tomohon menjual daging tikus, anjing, kelelawar ular hingga kucing. Keberadaannya menjadikan pasar ini bak gudang kuliner ekstrem.

    Blue Fire, fenomena alam yang langka hanya ada dua di dunia. Salah satunya berada di Kawah Ijen Banyuwangi. Blue Fire menjadi magnet wisatawan berkat pesona keindahannya. Di balik pesonanya, butuh perjuangan dan tantangan untuk melihat langsung Fenomena Blue Fire.

    Situs Pokekea Lore Lindu menjadi perhatian dunia berkat keunikannya. Arca batu berusia tua memiliki rupa yang khas. Berbagai peninggalan megalitik Lore Lindu menunjukkan situs ini menjadi situs megalitik tertua di Indonesia yang menuju Warisan Dunia.

    Papan catur 50x50 centimeter sudah biasa. Berbeda dengan catur raksasa, karya pengrajin asal Tangerang Selatan. Ukurannya mampu menyamai tinggi orang dewasa. Tak hanya itu, berat satu buah catur bahkan mencapai 10 kilogram. Tentu saja, produksi dan mengangkatnya membutuhkan tenaga yang besar.

    Peti mati berbahan rotan terlihat unik. Bahan baku dan anyaman membedakan peti mati pada umumnya. Penggunaan rotan dipercaya lebih ramah lingkungan. Teksturnya lunak namun kokoh, sehingga mudah terurai oleh tanah. Siapa sangka, peti mati rotan Desa Trangsan mampu menembus pasar Internasional.

    Sejarah, kata singkat yang bermakna mendalam, berisi pengalaman dan pelajaran. “Tiada sekarang tanpa dahulu” menjadi slogan yang digalakkan Komunitas Djogjakarta 1945. Komunitas ini punya cara tersendiri agar bisa lebih dekat dengan perjuangan para pahlawan mndapatkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

    Menengok sakralnya proses pembuatan keris di dusun Banaran, Ngringo, Jaten, Karanganyar. Para Empu yang mewarisinya dari nenek moyang. Menempa, memotong, dan mengukirnya.

    Belimbing segar nan menggiurkan. Buahnya tebal berwarna mencolok, bersih dan besar. Itulah ciri khas belimbing dewa yang jadi Ikon Kota Depok Jawa Barat. Meskipun mulai redup akibat pembukaan lahan, Kota Depok tetap punya para petani belimbing yang masih bertahan.

    Tak punya kedua tangan, Asih tak tinggal diam. Ia menembus batas wajarnya dengan menjadi pengrajin tas rajut. Beranaeka ragam tas rajut cantik mampu ia buat dengan kedua kakinya. Bak merajut kesabaran, Asih dengan teliti menyelesaikan setiap kerajinan rajut yang ia jalankan.

    Kampung Jodipan, menjadi magnet wisatawan saat mengunjungi Malang. Sebuah perkampungan di Kota Apel ini dulunya jauh dari bersih. Jodipan pernah menyandang status kampung Kumuh. Namun keadaan berubah, saat ini Kampung Jodipan terkenal kampung warna-warni. Kampung Jodipan menjadi destinasi menakjubkan bagi wisatawan.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|