MERDEKA.COM » REPORTER » HANA ADI PERDANA
2129 berita dan foto

    Dalam dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sejumlah kebijakan-kebijakan populis maupun implementasi kebijakan telah diambil dalam sektor ini guna mendukung kemajuan energi di dalam negeri.

    Dana ini akan digunakan untuk melanjutkan proyek yang sudah berjalan pada tahun ini maupun proyek baru tahun depan. PGE saat ini memiliki beberapa proyek yang masih berjalan dan harus dikembangkan seperti dua proyek PLTP yaitu Karaha dan Lampung.

    Proyek yang menelan anggaran sebesar USD 282,07 juta atau setara Rp 3,3 triliun ini, nantinya akan di evaluasi oleh perusahaan. Andai memberi multiplier effect yang positif, PGE tidak memungkiri akan mengembangkan PLTP unit 7 tahun depan.

    Meski demikian, Pertamina terus menyiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dari kenaikan harga minyak dunia. Pertamina masih melihat segala kemungkinan bisa terjadi.

    "Potensi PLTP itu ada 29.000 MW yang dikerjakan sekarang baru 5 persen masih kecil sekali. Potensi sisanya 95 persen perlu dikerjakan. Ada potensi yang besar sekali," kata Jokowi.

    Presiden Joko Widodo memberikan klarifikasinya perihal adanya tenaga kerja asal Jepang yang mengerjakan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong unit 5 dan unit 6. Kedatangan pekerja asing di proyek milik PT Pertamina (Persero) adalah perihal jasa mereka untuk menginstalasi teknologinya.

    ESDM mengakui jika ada broker ataupun makelar dalam penjualan listrik dari energi terbarukan. Hal ini membuat harga tarif listrik menjadi mahal saat diterima konsumen. Untuk itu, dia akan melakukan beberapa upaya guna mewujudkan keinginan Presiden Jokowi untuk menghilangkan makelar dari proses birokrasi.

    Sebagai contoh, IPP menjual harga setrum sebesar 5 sen per kWh melalui makelar. Makelar ini kemudian menjual setrum ke PLN dengan harga 8 sen per kWh. Dari PLN, harga yang dijual ke masyarakat juga bisa naik menjadi 11 sen per kWh.

    Menurut Jokowi, pekerja China didatangkan ke Indonesia untuk membantu sekaligus mentransfer ilmu pada proyek yang dibangun di Indonesia. Setelah semua selesai, pekerja China akan pulang ke kampung halaman mereka.

    Menurut Jokowi, ada beberapa persoalan yang menyebabkan harga listrik Indonesia lebih mahal. Salah satunya adalah karena banyak beban biaya yang tidak penting kerap dikeluarkan oleh Kementerian ESDM.

    Menteri Jonan janjikan beri listrik murah dari energi terbarukan. Tidak hanya untuk mensejahterakan masyarakat, energi murah melalui energi terbarukan juga akan mendukung industri dalam negeri.‎ Maka dari itu, pemerintah akan melakukan pembangunan pembangkit listrik berdasarkan potensi alam di masing-masing wilayah.

    "Progresnya bagus dan pembebasan lahan yang selama ini menjadi salah satu kendala juga sudah diselesaikan, apalagi sekarang ada PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia."

    Pekerja lokal tak mumpuni diakui Jokowi penyebab ekspatriat serbu RI. Di era globalisasi, dibutuhkan sumber daya manusia berdaya saing tinggi untuk membangun negara. Pemerintah, lanjutnya, saat ini masih membutuhkan dana dan tenaga dalam bentuk investasi untuk membantu pembangunan di Indonesia.

    Bangun 3 PLTP, Pertamina gelontorkan Rp 6,18 T & serap 4.800 pekerja. Proyek-proyek infrastruktur energi yang dibangun Pertamina diharapkan dapat memberikan efek berganda terhadap kehidupan ekonomi masyarakat. Mulai dari teralirinya listrik, terbukanya lapangan kerja selama pelaksanaan proyek dan juga pasca proyek.

    Ini Pembangkit Listrik Panas Bumi yang akan diresmikan Jokowi. PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 merupakan yang murni dimiliki oleh PGE dari total 6 PLTP di WKP Lahendong. Sementara PLTP Unit 1 - 4 dimiliki oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

    Presiden Joko Widodo menyebut, tahun depan, akan semakin banyak pembangkit listrik baru dibangun sebagai bagian dari proyek 35.000 megawatt (MW). Bermacam proyek ini, menurutnya, akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Dia mencontohkan pada PLTP Lahendong bisa menyerap lebih dari 2.000 tenaga kerja lokal.

    Jokowi target bendungan berkapasitas raksasa di Sulut rampung 2019. Bendungan ini mampu menampung air mencapai 23 juta meter kubik. Waduk Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara luasnya mencapai 308 hektar. Waduk tersebut nantinya akan berfungsi untuk cadangan air baku.

    Bandara Achmad Yani, Semarang ditutup sementara karena pesawat ATR 72-600 Wings Air tergelincir. Bandara akan dibuka kembali pada pukul 22.40 WIB.

    Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan memastikan jika proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya akan menggunakan kereta bertenaga listrik, bukan diesel. Untuk investasinya, Menko Luhut memperkirakan jika proyek tersebut membutuhkan dana sebesar Rp 80 triliun.

    Menteri Jonan ingin subsidi listrik lewat KIS, minta PLN mengkaji. Dengan begitu, penyaluran subsidi akan lebih tepat sasaran. Dia merinci, jika rencananya diimplementasikan, maka semua tarif golongan akan mengikuti harga keekonomian. Subsidi akan dipakai pada saat pembayaran tarif pada PLN dengan menggunakan KIS.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|