MERDEKA.COM » REPORTER » ANGGUN P SITUMORANG
6941 berita dan foto

    Pemerintah tengah mematangkan rencana vaksinasi Covid-19 secara mandiri alias berbayar tahun depan. Vaksinasi berbayar tersebut diberikan untuk masyarakat dengan kategori ekonomi mampu.

    Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah 6,2 poin atau 0,1 persen ke posisi 6.107,04. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 turun 1,62 poin atau 0,19 persen ke posisi 856,55.

    Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyebut, pemulihan perekonomian global terus berlanjut seiring optimisme yang masih tinggi, ditunjukkan oleh rebound pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2021 di berbagai negara G-20 dan ASEAN. Pertumbuhan ekonomi domestik pun hingga kuartal II-2021 menunjukkan sinyal positif.

    Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, perekonomian Indonesia saat ini sudah melewati level sebelum pandemi Covid-19. Kondisi tersebut terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) riil pada triwulan II-2021.

    Kementerian Keuangan mencatat realisasi penyaluran anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga 20 Agustus 2021 mencapai Rp326,16 triliun. Angka tersebut sekitar 43,8 persen dari pagu anggaran yang disiapkan sebesar Rp744,77 triliun.

    Nilai tukar Rupiah ditutup melemah tipis ke level Rp14.397 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.392 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah direntang Rp14.380 sampai Rp14.420 per USD.

    Bank Indonesia (BI) memperkirakan nilai tukar Rupiah akan tetap stabil tahun depan meski diiringi berbagai sentimen. Beberapa di antaranya adalah permasalahan penanganan pandemi Covid-19 hingga isu tapering Amerika Serikat (AS).

    Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menargetkan, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) 2022 sebesar Rp333,2 triliun. Untuk mencapai target tersebut, dia berharap, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai menyetorkan deviden.

    Pemerintah mengharapkan sektor keuangan berperan lebih aktif dalam mendorong pemulihan ekonomi. Khususnya sektor perbankan melalui penyaluran kredit kepada dunia usaha.

    Sri Mulyani melanjutkan, indikator konsumsi secara bertahap mulai membaik tahun ini. Hal tersebut kemudian menopang pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen. Namun perlu diwaspadai mengingat adanya Varian Delta.

    Semenjak terjadi tahun lalu, kasus Covid-19 dunia sampai saat ini sudah mencapai 213 juta kasus. Negara paling banyak terjangkit secara kasus harian per 1 juta penduduk Amerika Serikat 147 ribu, Iran 35,5 ribu, Inggris 32 ribu, India 30 ribu.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada Kuartal II-2021 sebesar 7,07 persen secara tahunan atau year on year bukan jaminan ekonomi Indonesia pulih. Menurutnya, masih terlalu dini mengkategorikan ekonomi pulih ditengah tantangan pandemi.

    Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka menguat 4,65 poin atau 0,08 persen ke posisi 6.094,15. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 0,94 poin atau 0,11 persen ke posisi 856,91.

    Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus membangun sektor industri di tanah air yang mandiri, berdaulat, maju, berkeadilan dan inklusif. Upaya besar ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak, dengan juga ditopang berbagai kebijakan yang strategis sehingga sasaran terwujud.

    Kondisi ini semakin memperkuat peran mitra driver Gojek sebagai urat nadi logistik dan perekonomian masyarakat. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa paparan Covid-19 masih menjadi kekhawatiran terbesar bagi para mitra driver.

    Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia, Juda Agung menjabarkan manfaat dari SNAP bagi nasabah. Pertama, nasabah akan dimudahkan dalam bertransaksi.

    Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka menguat 6,93 poin atau 0,11 persen ke posisi 6.037,7. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 2,48 poin atau 0,29 persen ke posisi 857,52.

    Kementerian Ketenagakerjaan merespons cepat kejadian kecelakaan di tempat kerja di Mal Margo City, Depok, Jawa Barat. Respon tersebut dengan menurunkan Tim Pengawas Ketenagakerjaan Spesialis Bidang K3 untuk melakukan investigasi kecelakaan.

    Inflasi terjadi hampir di banyak negara pada saat ini. Hal itu menyebabkan indeks harga berbagai produk pun naik. Meskipun beberapa ekonom dan pakar keuangan dunia mengatakan bahwa tingkat inflasi saat ini tidak perlu dikhawatirkan, tetapi tetap tidak bisa dihindari.

    Menteri Koperasi, Usaha dan Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengharapkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dapat tumbuh dan terintegrasi dengan industri nasional. UMKM diharap bida menjadi bagian dari rantai pasok industri nasional dan global.

 |<<    4  5  6  7  8  9  10    >>|