MERDEKA.COM » REPORTER » ANGGUN P SITUMORANG
6941 berita dan foto

    Perry mengatakan, nantinya akan terdapat pengurangan likuiditas yang sudah sangat longgar pada tahun depan. Namun demikian, hal itu tidak akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi dan penyaluran kredit.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, efektivitas PPKM akan mendorong momentum pemulihan ekonomi berlanjut pada sisa tahun ini. Indikator ekonomi relatif mixed pada Juli 2021, tapi sinyal peningkatan aktivitas disebut mulai terlihat seiring kasus Covid-19 yang terkendali

    Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, masyarakat berpenghasilan rendah paling besar terkena dampak pandemi Covid-19. Hal ini sesuai dengan survei yang dilakukan oleh Bappenas.

    Kementerian Keuangan mencatat hingga akhir Juli 2021, posisi utang Pemerintah berada di angka Rp6.570,17 triliun dengan rasio utang pemerintah terhadap PDB sebesar 40,51 persen. Pada bulan yang sama defisit APBN sebesar Rp336,9 triliun atau 2,04 persen terhadap PDB.

    Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 20,75 poin atau 0,34 persen ke posisi 6.062,11. Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 5,6 poin atau 0,66 persen ke posisi 851,31.

    VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, layanan KRL pada pagi hari ini berjalan kondusif. Tren penambahan jumlah pengguna pada awal pekan juga berlanjut namun dengan pengaturan yang ada dan kesadaran dari para pengguna, kereta masih terisi sesuai jumlah yang diizinkan.

    Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, problem Indonesia makin rumit di tengah pandemi Virus Corona. Keuangan negara yang dipahami dan dilakukan di masa lalu bertambah dimensinya.

    Dilihat dari komposisi dan posturnya, APBN 2022 dinilai mendorong ke arah pemulihan ekonomi.

    Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) memberikan tanggapan terhadap Rancangan Undang-Undang tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan yang selanjutnya disebut RUU KUP. IKPI mengapresiasi dan menyambut baik terhadap RUU KUP yang sedang dibahas, namun IKPI juga mempunyai beberapa catatan sebagai bahan masukan.

    Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Rionald Silaban mengatakan, selama ini banyak obligor dan debitur BLBI bermukim di Singapura. Selama 22 tahun obligor tersebut tak ada kabar akan melunasi utang dana BLBI.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyentil para obligor dan debitur yang mangkir dari panggilan terkait penyelesaian Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Bahkan Satgas BLBI sudah melayangkan tiga kali panggilan namun obligor tak kunjung datang.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berjanji akan terus mencari aset Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Dia bahkan meminta tim Satgas BLBI menghubungi obligor dan debitur bahkan keturunannya untuk menyelesaikan kewajiban.

    Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI (Satgas BLBI) telah melakukan serangkaian strategi, program, dan kegiatan guna pengembalian hak tagih kepada negara dengan upaya penagihan obligor/debitur dan penanganan aset properti yang dilakukan secara bertahap dan terukur.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menceritakan awal mula skandal Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dengan total senilai Rp110,45 triliun. Kasus besar ini awalnya dimulai dari krisis keuangan 1997 yang berlanjut pada 1998 kemudian 1999.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri pengamanan aset tanah dan bangunan eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Adapun tanah yang diamankan sebanyak 49 bidang tanah seluas 5.291.200 meter persegi.

    Penyebaran pandemi Covid-19, telah berimbas pada gelombang PHK besar-besaran sejak dua tahun lalu. Kementerian Ketenagakerjaan mencatat, hingga awal Agustus 2021, jumlah korban PHK sudah mencapai 538 ribu pekerja. Angka tersebut masih di bawah proyeksi Kemnaker, yakni 894.579 pekerja terPHK sampai akhir 2021.

    Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah 5,25 poin atau 0,09 persen ke posisi 6.052.83. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 0,75 poin atau 0,09 persen ke posisi 849,46.

    Nilai tukar Rupiah ditutup melemah 20 point di level Rp14.417 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.397 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah direntang Rp14.400 sampai Rp14.450 per USD.

    Dengan adanya kebutuhan anggaran itu, pemerintah akan terus merumuskan kebijakan yang mampu untuk menarik lebih banyak investasi. Di antaranya untuk membangun sektor utama penentu perubahan iklim yakni kehutanan, energi dan transportasi, limbah, pertanian, serta industri.

    Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, penurunan emisi karbon di Indonesia akan sangat ditentukan oleh lima sektor utama. Kelima sektor tersebut yakni kehutanan, energi dan transportasi, limbah, pertanian, dan industri.

 |<<    3  4  5  6  7  8  9    >>|