Merdeka.com tersedia di Google Play


Perhatikan! Ini sunah yang bisa dilakukan menyambut Idul Fitri
Reporter : Mustiana Lestari | Kamis, 16 Juli 2015 12:11




Perhatikan! Ini sunah yang bisa dilakukan menyambut Idul Fitri
Idul Fitri di Australia. ©REUTERS/Daniel Munoz

Merdeka.com - Beberapa saat sebelum meninggalkan bulan suci Ramadan, bukan berarti kita sudah kehilangan momen-momen berpahala. Imam-imam besar seperti, Imam Syafi, Hanbali, Hanafi, dan Maliki membeberkan sunah-sunah yang bisa dilakukan dalam menyambut datangnya Idul Fitri dan bersiap untuk salat Id.

"Zikir, salat dan membaca Alquran dan sebagainya hukumnya sunah. Selain itu melaksanakan salat Isya dan Subuh secara berjamaah,"jelas Thariq Muhammad Suwaidan dalam buku Rahasia Puasa Menurut 4 Mahzab, Selasa (14/7).

Kemudian empat Imam sepakat tidak baik dan hukumnya bid'ah jika di malam takbiran, umat Islam berfoya-foya.

Pagi harinya, saat bersiap salat Id hendaknya jamaah salat mandi, memakai pakaian terbaik, dan berwarna putih. Selain itu, bagi laki-laki disunahkan untuk memakai wangi-wangian.

"Pada hari Id disunahkan memotong kuku, menyisir dan memotong rambut. disunahkan juga agar makan sebelum pergi ke tempat salat. Sebaiknya makanan berupa kurma dalam jumlah ganjil (3,5 dan seterusnya)," kata Thariq lagi.

Selain itu, jika ingin mendapat pahala yang lebih banyak jangan lupa untuk menempuh jalur berbeda saat berangkat dan pulang salat Id. Yang terpenting, disunahkan untuk menampakkan wajah ramah dan senang kepada setiap muslim.

[rep]



Komentar Anda


READ MORE


Back to the top

LATEST UPDATE