Merdeka.com tersedia di Google Play


Karomah murid Sunan Ampel, bolongi surau yang bisa melihat Kabah
Reporter : Moch. Andriansyah | Selasa, 14 Juli 2015 12:00




Karomah murid Sunan Ampel, bolongi surau yang bisa melihat Kabah
Makam mbah bolong. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat tiba di Ampel Denta, Surabaya, Jawa Timur, Sunan Ampel alias Raden Rahmat membangun masjid untuk pusat dakwah. Pembangunan masjid yang kemudian dinamakan Masjid Ampel ini, tak lepas dari peran dua muridnya, yaitu Shonhaji dan Sholeh.

Ketika Masjid Ampel berdiri, banyak orang bingung menentukan arah kiblat masjid, yang benar-benar menghadap kiblat. "Pada waktu itu, Shonhaji ditugasi Sunan Ampel untuk menata tata letak pengimanan Masjid Ampel," terang Abdul Rahman, orang yang mendalami sejarah Sunan Ampel di Kompleks Makam Sunan Ampel, Surabaya, Selasa (14/7).

Mendapat tugas itu, lanjut Abdul Rahman, Shonhaji bekerja tekun dan penuh perhitungan agar letak imam benar-benar menghadap kiblat. Jangan sampai melenceng ke arah lain. "Namun, atas upaya itu, banyak orang meragukan keakuratan pengimaman yang dibangun Shonhaji. Apa betul pengimaman sudah menghadap kiblat?," sambungnya.

Hasil kerja keras Shonhaji disangsikan. Dia pun menjawab keragu-raguan banyak orang itu dengan melubangi dinding tempat imam, yang terletak di bagian barat masjid.

"Lalu Sonhaji berkata, lihatlah ke dalam lubang ini, kalian akan tahu apa benar pengimaman ini sudah benar-benar menghadap kiblat atau belum," ucap Abdul Rahman menirukan kata-kata Shonhaji waktu itu.

Orang-orang yang meragukan Shonhajipun melihat dinding pengimaman yang sudah lubang tersebut. Terlihat jelas dalam lubang dinding, Kabah yang berada di Mekkah, Arab Saudi.

"Orang-orang yang melihat lubang dinding terkejut, heran, melongo bercampur kagum menjadi satu dalam pikiran mereka. Sejak saat itu, tak ada yang meremehkan Shonhaji, yang kemudian lebih sering dipanggil Mbah Bolong," pungkas Abdul Rahman.

Hingga saat ini, baik di surau, langgar, musala, maupun masjid, banyak yang melubangi dinding dekat tempat imam. Biasanya terdapat dua lubang di dinding tersebut.

[rep]



Komentar Anda


READ MORE


Back to the top

LATEST UPDATE