Merdeka.com tersedia di Google Play


Ini wejangan Sunan Drajat untuk umat Islam
Reporter : Dieqy Hasbi Widhana | Rabu, 24 Juni 2015 20:03




Ini wejangan Sunan Drajat untuk umat Islam
Makam Sunan Drajat. ©2015 merdeka.com/dieqy hasbi widhana

Merdeka.com - Para pengikut Sunan Drajat hapal benar nasihat atau wejangan dari Sunan Drajat. Dalam dakwahnya, Sunan Drajat selalu menekankan bahwa antara satu manusia dengan yang lain punya kedudukan yang setara di mata Allah. Suku, ras dan darimanapun semua sama. Namun yang membedakan antara seseorang dengan yang lain ialah, perilakunya.

Nilai-nilai dan filosofi demikian tertuang dalam pesannya yang berbunyi, "Urip iku mung kadya weayangan lumampah sanetram kadya wayang ing tangane para dalang."

"Artinya hidup itu seperti menjadi tokoh dalam sandiwara. Hidup hanya dihabiskan dengan berlenggak-lenggok di atas panggung, namun hidup kita ada di tangan Allah,"ujar juru kunci Makam Sunan Drajat, Yahya saat ditemui di komplek Makam Sunan Drajat, Paciran, Lamongan, Jawa Timur, Senin (1/6).

Sunan Drajat menekankan manusia dilahirkan hanya sementara. Dunia ini hanyalah tempat singgah, bukan untuk menetap. Oleh karena itu, hiduplah dalam lindungan Allah dengan cara taat kepada-Nya.

Sunan Drajat mengibaratkan hidup layaknya seorang yang berjalan kaki. Sebagai manusia, kita harus tabah menyusuri jalan panjang yang tak terbatas jauhnya. Alam fana ini tak lain adalah tempat sementara untuk sejenak menghilangkan dahaga, yang dikatakan Sunan Drajat sebagai "Urip mung mampir ngombe."

[rep]



Komentar Anda


READ MORE


Back to the top

LATEST UPDATE