Merdeka.com tersedia di Google Play


Demi PDIP, Megawati sering ziarah Makam Sunan Kalijaga
Reporter : Parwito | Rabu, 8 Juli 2015 14:10




Demi PDIP, Megawati sering ziarah Makam Sunan Kalijaga
Megawati ziarah makam Sunan Kalijogo. ©2013 Merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri disebut sering mendatangi makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Kedatangan puteri Soekarno ini ke makam Sunan Kalijaga paling sedikit setahun sekali.

Selain itu, Megawati hampir selalu berziarah ke makan menjelang kegiatan besar PDI Perjuangan, seperti kongres atau kegiatan akbar lainnya.

"Megawati minimal setahun sekali ke sini. Terutama kalau PDI P mau kongres pasti dia ke sini," ungkap Juru Kunci Makam Sunan Kalijogo Prayitno saat ditemui merdeka.com di rumah Panembahan Rahmad yang merupakan keturunan atau keluarga Sunan Kalijaga, Demak, Rabu (8/7).

Saat mengunjungi makam, Megawati selalu ditemani dengan beberapa pengurus PDI Perjuangan dan beberapa anak-anaknya seperti Puan Maharani dan lainnya. Dia memanjatkan doa dengan dari luar makam utama Sunan Kalijaga.

"Terakhir, Mbak Mega ke sini sekitar pukul 03.00 WIB ditemani Puan Maharani dengan Gubernur Jawa Tengah Mas Ganjar juga berziarah menjelang kongres di Bali beberapa waktu lalu," ungkap R Prayitno yang juga menjabat sebagai lurah di Desa Kadilangu, kecamatan Kadilangu, Kabupaten Demak tersebut.

Dari informasi yang beredar orang nomor satu di DPP PDI Perjuangan itu mempunyai kakek buyut yang dimakamkan di Kompleks Makam Sunan Kalijaga Demak. Keturunan tersebut salah seorang pangeran adipati yang merupakan pengikut setia Sunan Kalijaga dalam menyebarkan ajaran Islam.

"Itu makam dari Mbah Buyut Pak Karno, ayahnya Megawati yang ikut dimakamkan di sini. Makanya Megawati sering ke sini minta doa restu ke Kanjeng Sunan Kalijaga dan Mbah buyutnya," pungkas R Prayitno tanpa menjelaskan lebih detail kakek buyut Megawati tersebut.

Selain makam Sunan Kalijogo, di situ juga terdapat makam beberapa tokoh ternama lainnya seperti pangeran Wijil 1, Pangeran Aryo Penangsang yang dikenal dengan Keris Setan Kobernya. Kemudian Empu Supo, adik ipar Sunan Kalijaga yang pandai membuat senjata ampuh untuk raja keraton di Tanah Jawa.

[rep]



Komentar Anda


READ MORE


Back to the top

LATEST UPDATE