Radja Pande Silalahi

Foto:

Radja Pande Silalahi


Nama Lengkap : Radja Pande Silalahi

Alias : No Alias

Profesi : Ekonom

Agama : Katolik

Tempat Lahir : Balige, Sumatera Utara

Tanggal Lahir : Selasa, 22 Maret 1949

Zodiac : Aries

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Radja Pande Silalahi merupakan seorang ahli ekonomi yang lahir pada 22 Maret 1949 di Balige, sebuah daerah di Sumatera Utara. Radja Pande dikenal sebagai dosen pengajar sekaligus pengamat ekonomi senior Indonesia, Ia tercatat pernah menjabat sebagai anggota Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam kelengkapan LP3E Jakarta.

Pria yang mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Katolik Parahyangan yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat pada tahun 1973. Setelah itu, ia melanjutkan studinya dalam program Doktoral dengan mengambil bidang Finansial Negara yang ditempuhnya di Kobe University of Commerce dan berhasil lulus pada 1980. Selepas kuliah doktoral nya, Radja Pande Silalahi berprofesi tetap sebagai dosen pengajar di almamaternya, Universitas Parahyangan, dan juga di beberapa universitas lainnya. Selain itu, Radja Pande juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi di kampus lamanya tersebut.

Saat ini, Radja Pande tergabung sebagai salah satu staff dalam Center for Strategic and International Studies (CSIS) Jakarta. Di sela-sela kegiatannya tersebut, Radja Pande juga kerap menghadiri seminar-seminar maupun berbagai konferensi sebagai pemateri terkait masalah perekonomian dan keuangan. Sejak tahun 2001, pria yang sekarang berusia 63 tahun tersebut terdaftar sebagai anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Dalam kapasitasnya sebagai anggota KPPU dulu, ia bertugas melakukan penilaian terhadap perjanjian yang beresiko monopoli maupun persaingan tidak sempurna lainnya. Selain itu, KPPU juga berperan sebagai pengontrol dan pengambil tindakan jika terjadi suatu permasalahan yang melibatkan beberapa pihak dalam berbisnis.

Radja Pande Silalahi saat ini selain aktif mengajar ilmu Ekonomi, ia juga melakukan berbagai penelitian yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Ia juga sering menulis artikel dan wacana di berbagai media, baik itu media cetak maupun media elektronik.

Riset dan analisis: Muhammad Nizar Zulmi

PENDIDIKAN
  • Sarjana Ekonomi di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung (1973)
  • Ph.D Keuangan Negara dari University of Commerce (1980)
KARIR
  • Staff anggota Center for Strategic and International Studies, Jakarta
  • Dosen di beberapa Universitas di Indonesia
  • Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan Bandung
  • Vice-Chairman di KPPU (2001-2002)
SOCIAL MEDIA
http://www.csis.or.id/Scholar-StaffDetails.php?id=20

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya