Quientin Crisp

Foto:

Quientin Crisp


Nama Lengkap : Quientin Crisp

Alias : No Alias

Profesi : Sastrawan

Tanggal Lahir : Jumat, 25 Desember 1908

Zodiac : Capricorn

Warga Negara : United Kingdom


No Relation
BIOGRAFI

Quentin Crisp merupakan seorang penulis asal Inggris. Mahakaryanya yang paling terkenal adalah The Naked Civil Servant. Ia terlahir dengan nama Denis Charles Pratt di Sutton, Surrey, Inggris dan merupakan anak keempat dari seorang jaksa, Spencer Charles Pratt, dan pegawai pemerintahan, Frances Marion. Ia kemudian mengganti namanya menjadi Quentin Crisp setelah meninggalkan rumah dan saat itu juga ia mengganti penampilannya yang cenderung keperempuanan.

Dengan penampilannya dan sikapnya itu, ia menjadi bahan ejekan di sekolahnya di Kingswood House School. Meskippun begitu, ia termasuk siswa yang berprestasi dan meraih beasiswa dari Denstone College, Uttoxeter pada 1992. Seusai sekolahnya, Crisp belajar jurnalistik di King's College London. Tidak sampai ia lulus dari kampus tersebut, ia pindah ke kelas seni di Regent Street Polytechnic.

Pada masa-masa ini ia sering menghabiskan waktunya di kafe. Di saat inilah ia mulai bertemu dengan remaja homoseksual dan gigolo. Ia pun lebih jauh belajar tentang make up dan bagaimana berpakaian ala wanita. Sempat selama enam bulan ia bekerja sebagai gigolo. Lama-kelamaan ia total berias seperti perempuan. Hal ini terkadang mengundang kejahatan saat ia tengah berjalan sendiri di sebuah jalan sepi.

Sebetulnya ia sempat mencoba untuk menjadi tentara pada masa perang dunia kedua, namun ia ditolak. Bahkan di catatan kesehatannya, tenaga medis menerangkan bahwa Crisp memiliki tindakan seksual yang tidak wajar. Ia pun kembali menjadi foto model. Dalam autobiografinya, ia menuliskan "Hal ini terasa seperti pegawai negeri, kecuali karena kamu telanjang".

Crisp tetap independen dan tak dapat diprediksi hingga di tahun-tahun akhir hidupnya. Ia memunculkan kontroversi dan kebingungan di antara komunitas homoseksual dengan secara bercanda menyebut homosexual adalah penyakit yang mengerikan. Betapapun, sosok Quentin Crisp terus mendapat undangan dari para jurnalis untuk komentarnya yang selalu mengigit

Pengalamannya ini kemudian mengilhami karyanya yang berjudul The Naked Civil Servant yang diterbitkan pada 1968. Pada tahun 1975, cerita novel ini diangkat di stasiun televisi Inggris dan Amerika yang kemudian melambungkan nama Crisp dan John Hurt sebagai aktornya. 

Beberapa karyanya yang lain adalah How to Become a Virgin (1981), Doing It With Style (1981), dll

Riset dan analisa oleh Anugrah Yogi Pranata

Last Update: 11:00  11/11/2013

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
    Data Kosong

Sebelumnya