Queen Rania

Foto:

Queen Rania


Nama Lengkap : Queen Rania

Alias : Rania Al Abdullah

Profesi : Aktivis

Agama : Islam

Tempat Lahir : Kuwait

Tanggal Lahir : Senin, 31 Agustus 1970

Zodiac : Virgo


Suami : Abdullah II of Jordan
Anak : Crown Prince Hussein, Princess Iman, Princess Salma, Princes Hashem
BIOGRAFI

Queen Rania merupakan ratu Jordan, istri dari Abdullah II Jordan yang kini sedang menjabat sebagai Raja Jordania. Queen Rania memiliki kepedulian yang tinggi terhadap beberapa masalah sosial baik lokal maupun global seperti masalah anak-anak, pendidikan dan kasus sosial lainnya.

Ia mengenyam pendidikan di New English School di Jabriya, Kuwait dan melanjutkan studinya di Administrasi Bisnis di American University di Kairo. Setelah kelulusannya, ia bekerja di Citibank dan perusahaan Apple untuk memperkaya pengalamannya.

Ia dikenal sebagai perempuan yang sangat cantik dari kalangan sosialita karena selera berpakaiannya yang kemudian digandrungi masyarakat. Bahkan dalam majalah Harpers and Queen pada thaun 2005, Queen Rania dinobatkan sebagai wanita tercantik ketiga di dunia.

Ia bertemu dengan King Abdullah bin Al-Hussein pada sebuah makan malam pada Januari 1993. Akhirnya setelah perkenalan yang singkat, mereka menikah pada 10 Juni 1993.

Sejak pernikahannya, Queen Rania menggunakan kedudukannya untuk menyampaikan beberapa sektor permasalahan di Jordania.

Ia juga turut aktif dalam aktifitas sosial dalam lingkup dunia seperti UNICEF, Seeds of Peace, World Economic Forum Foundation Board.

Dalam beberapa tahun terakhir, Queen Rania telah mengusulkan beberapa inisiatif dalam bidang pendidikan, pemberdayaan sosial, remaja, budaya, dll. Dalam bidang budaya bahkan Queen Rania mengadakan dialog dengan masyarakat. Dialog tersebut juga sering dilakukan melalui jejaring sosial dan youtube. Ia berperan dalam penyebaran pemahaman tentang umat Islam dan dunia islami yang benar sekaligus menepis beberapa anggapan miring tentang Islam.

Tidak hanya itu, pergerakan mulianya juga masuk dalam dunia sastra. Sebuah cerita yang berjudul "Maha of the Mountains" dikontribusikan oleh Queen Rania dalam sebuah buku cerita anak-anak. Selain itu, ia juga meluncurkan buku "The King's Gift" sebagai buku anak-anak yang ia kontribusikan dalam peringatan setahun wafatnya King Hussein. Buku keduanya berjudul "Eternal Beauty" yang ia luncurkan bersamaan dengan peringatan hari ibu pada tahun 2008.

Riset dan analisa oleh Pilar Asa Susila

PENDIDIKAN

New English School, Jabriya, Kuwait

Business Administration, America University, Cairo

SOCIAL MEDIA
@QueenRania

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya