Qualcomm

Foto:

Qualcomm


Nama Lengkap : Qualcomm

Alias : Qualcomm Incorporated

Profesi : Perusahaan

Warga Negara : San Diego, California, AS


No Relation
BIOGRAFI

Qualcomm Incorporated adalah sebuah perusahaan multinasional semikonduktor global Amerika yang mendesain, memproduksi dan memasarkan produk-produk telekomunikasi nirkabel digital dan layanan.  Berkantor pusat di San Diego, CA, Amerika Serikat, perusahaan ini memiliki 157 lokasi di seluruh dunia dan didirikan pada tahun 1985. Perusahaan induk ini menaungi Qualcomm Technology Licensing Division (QTL) dan seluruh anak perusahaan  Qualcomm Technologies, Inc. (QTI). Perusahaan mengoperasikan aktivitas perusahaan  Qualcomm's R&D, seperti bisnis layanan dan produk dan juga termasuk bisnis semikonduktor-nya yaitu Qualcomm CDMA Technologies.

Saat didirikan oleh alumnus MIT, yaitu profesor Irwin M. Jacobs, USC, Andrew Viterbi, Harvey Putih, Adelia Coffman, Andrew Cohen, Klein Gilhousen, dan Franklin Antonio, Qualcomm mengeluarkan produk dan layanan pertama mereka yaitu  satelit OmniTRACS untuk pendektsian lokasi dan layanan sms. 

Pada tahun 1990, Qualcomm memulai desain pertama berbasis CDMA base station selular, berdasarkan perhitungan yang berasal dari CDMA berbasis sistem satelit OmniTRACS. Karya ini dimulai sebagai suatu kontrak penelitian dari AirTouch yang menghadapi kekurangan kapasitas seluler di Los Angeles.  Dua tahun kemudian Qualcomm mulai memproduksi ponsel CDMA, BTS, dan chips. BTS awal ini tidak memilki mutu yang terlalu baik. Meskipun begitu, teknologi ini  sudah dilisensi seluruhnya untuk Nortel sebagai bentuk imbalan atas pekerjaan mereka dalam meningkatkan stasiun pengalih dasar. Teknologi CDMA pertama adalah  IS-95 yan telah distadarisasikan. Semenjak itulah, Qualcomm  membantu membentuk standar seluler CDMA2000, WCDMA dan LTE.

Dimulai pada tahun 1991, Qualcomm berpartisipasi dalam pengembangan sistem satelit Globalstar bersama dengan Loral Space & Communications. Beberapa perangkat keras Globalstar ini diproduksi oleh Qualcomm. Satelit Global menggunakan orbit rendah bumi (LEO) konstelasi satelit yang terdiri dari 44 satelit aktif. Sistem ini digunakan untuk telepon suara melalui telepon genggam satelit, pelacakan aset dan transfer data menggunakan modem satelit mobile. . Sistem ini dirancang sebagai IS-95 sistem yang normal untuk mentransfer sinyal seluler dari handset ke base station bumi. Berbeda dengan sistem Iridium, yang rute panggilan teleponnya terjadi antar satelit, satelit Globalstar harus selalu dapat melihat kedua handset dan base station untuk membuat sambungan.  Oleh karena itu, tidak ada jangkauan atas kutub bumi di mana tidak ada orbit satelit. 

Pada tahun 1997, Qualcomm membayar $ 18 juta untuk hak penamaan Stadion Jack Murphy di San Diego dan mengganti namanya menjadi Qualcomm Stadium. Qualcomm. Hak penamaan ini akan menjadi milik Qualcomm hingga 2017 mendatang.

Pada tahun 1999, Qualcomm menjual bisnis base station mereka kepada Ericsson, dan kemudian, menjual bisnis manufaktur ponsel kepada Kyocera. Perusahaan ini sekarang berfokus pada pengembangan dan pemberian lisensi teknologi nirkabel dan menjual Asics yang mengimplementasikannya. 

Pada bulan Juni tahun 2010, Qualcomm dual-CPU membuat sampel chipset SnapdragonTM pertamanya.Mobile Station ModemTM (MSMTM) solusi MSM8x60TM mengintegrasikan dua core Qualcomm yang dapat berjalan hingga  1.2GHz. Perluasan Platform chipset Snapdragon ini mendefinisikan ulang mobilitas bagi para konsumen Qualcomm di seluruh dunia dengan menawarkan kombinasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Pada tahun 2011, Qualcomm mengumumkan bahwa Steve Mollenkopf baru saja dipromosikan menjadi presiden dan chief operating officer dari perusahaan yang telah di mulai semenjak Novermber 2012.

CFO Bill Keitel telah pensiun dan digantikan oleh Applied Materials CFO George Davis pada tanggal 11 Maret 2013 lalu. 

Riset dan Analisa oleh Kustin Ayuwuragil D.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Senin, 18 Desember 2017 15:28:00 Generasi terbaru dari Sony Xperia XZ1 bakal pakai chipset Snapdragon 845?

    Generasi terbaru dari Sony Xperia XZ1 bakal pakai chipset Snapdragon 845? Ada lembar spesifikasi yang muncul dengan mencantumkan chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 845! Jelas ini nanti bakal menjadi smartphone yang luar biasa keren.

  • Minggu, 17 Desember 2017 00:01:00 9 Alasan kamu harus beli smartphone baru di 2018

    9 Alasan kamu harus beli smartphone baru di 2018. Karena smartphone baru di tahun 2018 memiliki kemampuan yang super canggih. Tidak hanya melulu tentang kamera dan layar. Namun lebih kompleks lagi. Hal ini didukung oleh adanya chip Qualcomm Snapdragon 845, generasi terbaru yang lebih cepat, lebih gila, lebih segalanya.

  • Senin, 11 Desember 2017 10:54:00 AMD dan Qualcomm kerja sama?

    AMD dan Qualcomm kerja sama? AMD baru saja mengumumkan bahwa mereka sedang bekerja sama dengan Qualcomm untuk memberikan solusi konektivitas PC yang cepat dan lancar untuk prosesor-prosesor berperforma tinggi Ryzen mobile dari AMD.

  • Kamis, 7 Desember 2017 10:00:00 Snapdragon 845 akhirnya fokus di kecerdasan buatan dan konten VR

    Snapdragon 845 akhirnya fokus di kecerdasan buatan dan konten VR. ada dua aspek yang jadi fokus dari Snapdragon 845: yakni AR dan VR, serta kecerdasan buatan atau AI. Tentu hal ini dilakukan dengan cara mengembangkan kemampuan fotografi jadi lebih baik.

  • Kamis, 7 Desember 2017 07:00:00 Snapdragon 845: 30 persen lebih hemat daya, koneksi super cepat, dukung video HDR 4K

    Snapdragon 845: 30 persen lebih hemat daya, koneksi super cepat, dukung video HDR 4K. Setelah resmi dirilis pada acara Qualcomm Tech Summit, kini di acara yang sama namun momen yang berbeda, Qualcomm menjelaskan bagaimana detil dari prosesor terbarunya, yakni Snapdragon 845.

  • Rabu, 6 Desember 2017 18:00:00 Microsoft pamerkan PC yang dimotori prosesor Qualcomm, super irit baterai!

    Microsoft pamerkan PC yang dimotori prosesor Qualcomm, super irit baterai! Qualcomm adalah produsen prosesor papan atas di dunia mobile, dan kini perusahaan chip asal AS tersebut akan merambah komputer personal atau PC juga.

  • Rabu, 6 Desember 2017 12:51:00 Xiaomi: Smartphone terbaru kami bakal pakai Snapdragon 845

    Xiaomi: Smartphone terbaru kami bakal pakai Snapdragon 845. Sayangnya, dirinya tidak menyebutkan smartphone mana yang akan dibekali dengan chipset terbaru itu. Akan tetapi laporan sebelumnya mengklaim bahwa Xiaomi: Smartphone terbaru kami bakal pakai Snapdragon 845.

  • Rabu, 6 Desember 2017 11:40:01 Qualcomm resmi rilis Snapdragon 845, chipset 'maut' saat ini!

    Qualcomm resmi rilis Snapdragon 845, chipset 'maut' saat ini! Sayangnya, pihak Qualcomm maupun Samsung masih enggan merilis seberapa kuat Snapdragon 845. Rencananya, besok mereka akan mengumumkan secara rinci mengenai chipset tersebut.

  • Selasa, 5 Desember 2017 10:00:00 Rumor Snapdragon 845, chip tercanggih yang akan bersaing dengan chip iPhone X

    Rumor Snapdragon 845, chip tercanggih yang akan bersaing dengan chip iPhone X. Smartphone modern saat ini mengusung teknologi mobile yang canggih, serta hemat sekali energi. Teknologi tersebut dimotori oleh sesuatu bernama prosesor, atau SoC yang merupakan otak smartphone Anda.

  • Sabtu, 2 Desember 2017 12:00:00 Perang antara Apple dan Qualcomm masuki babak baru

    Perang antara Apple dan Qualcomm masuki babak baru. Apple dan Qualcomm sudah lama berseteru, dan tiap waktu sepertinya babak baru selalu dibuka.

  • Kamis, 16 November 2017 09:00:00 Qualcomm menolak diakusisi, sebut teknologinya 'lebih berharga ketimbang uang'

    Qualcomm menolak diakusisi, sebut teknologinya 'lebih berharga ketimbang uang'. penawaran dari Broadcom untuk mengakuisisi Qualcomm sebesar 105 milyar dollar. Jika terwujud, angka yang sangat masif ini akan jadi angka akuisisi terbesar di dunia teknologi. Sayangnya, tidak.

  • Senin, 23 Oktober 2017 11:52:00 Qualcomm uji coba teknologi 5G di smartphone, sudah di depan mata?

    Qualcomm uji coba teknologi 5G di smartphone, sudah di depan mata? Qualcomm tak cuma dikenal sebagai produsen chip papan atas, namun juga produsen mobile modem terkemuka yang tersemat di smartphone papan atas seperti iPhone ataupun Samsung seri Galaxy S dan Galaxy Note.

  • Rabu, 6 September 2017 10:24:00 Qualcomm sebut tak akan ada Snapdragon 836, Google Pixel 2 tak lagi 'mengejutkan'

    Qualcomm sebut tak akan ada Snapdragon 836, Google Pixel 2 tak lagi 'mengejutkan'. Beberapa waktu yang lalu ramai rumor soal klaim Qualcomm yang akan membenahi performa Snapdragon 835 di kuartal ke-empat 2017 mendatang. Namun dari laporan terbaru, itu semua cuma rumor usang.

  • Kamis, 10 Agustus 2017 17:53:47 Kemenperin gandeng Qualcomm berantas peredaran ponsel palsu

    Kemenperin gandeng Qualcomm berantas peredaran ponsel palsu. Langkah tersebut dalam rangka melindungi industri dan konsumen di dalam negeri. Pengguna smartphone di Indonesia akan tumbuh dari 55 juta orang pada 2015 menjadi 92 juta orang pada 2019. Nilai penjualan 2015 sebesar Rp 62 triliun jadi Rp 69 triliun di 2016.

  • Jumat, 26 Mei 2017 14:57:00 Resmi, OnePlus 5 akan usung Snapdragon 835 dan fingerprint scanner

    Resmi, OnePlus 5 akan usung Snapdragon 835 dan fingerprint scanner. OnePlus, produsen smartphone asal China yang terkenal menghasilkan produk flagship dengan kinerja luar bisa namun harga murah, akan segera merilis flaghip terbarunya yakni OnePlus 5. OnePlus 5 akan dirilis pada musim panas ini atau pada akhir Juni

  • Selasa, 9 Mei 2017 13:12:00 7 Keunggulan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 dan 630 terbaru!

    7 Keunggulan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 dan 630 terbaru! Qualcomm Technologies memperkenalkan dua platform mobile terbaru yaitu, Qualcomm Snapdragon 660 dan 630. Keduanya dirancang untuk performa yang lebih signifikan dalam hal teknologi fotografi smartphone serta peningkatan pengalaman bermain game.

  • Senin, 8 Mei 2017 12:17:00 Snapdragon 845 akan jadi chipset 'high end' berteknologi 7 nanometer

    Snapdragon 845 akan jadi chipset 'high end' berteknologi 7 nanometer. Qualcomm sudah terbukti menelurkan chipset papan atas Snapdragon 835 yang kini telah tersemat di Samsung Galaxy S8 dan juga Xperia XZ Premium. Namun tak ambil banyak rehat, kini Qualcomm akan segera mengembangkan lagi prosesor papan atas.

  • Rabu, 3 Mei 2017 14:13:00 Snapdragon 835: chipset yang fokus pada keamanan mobile yang tangguh

    Snapdragon 835: chipset yang fokus pada keamanan mobile yang tangguh. Semakin bergantungnya masyarakat ke perangkat mobile, tentu keamanan mobile yang baik bagi para pengguna adalah hal yang penting. Para produsen smartphone pun tentu berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan adanya mekanisme keamanan yang cukup.

  • Rabu, 12 April 2017 12:21:00 Qualcomm dan Apple berseteru, pengguna iPhone 7 jadi korban

    Qualcomm dan Apple berseteru, pengguna iPhone 7 jadi korban. Drama perseteruan produsen chipset Qualcomm dan raksasa teknologi Apple, masuk pada babak baru. Bagi Anda yang heran mengapa Apple dan Qualcomm bahkan bisa bersinggungan, alasannya sederhana: Qualcomm adalah pemasok modem baseband untuk iPhone.

  • Jumat, 24 Maret 2017 11:50:00 Ini performa Snapdragon 835 diuji di berbagai benchmark, juara!

    Ini performa Snapdragon 835 diuji di berbagai benchmark, juara! Di beberapa bocoran sebelumnya, kita telah melihat performa Samsung Galaxy S8 yang mengusung Snapdragon 835 dan bahkan skor AnTuTu dari prosesir yang digadang-gadang jadi chipset paling bertenaga saat ini.

Sebelumnya