Rahasia investasi properti versi bos Crown Grup

Selasa, 17 April 2018 16:35 Reporter : Idris Rusadi Putra
Rahasia investasi properti dari Crown Group. Istimewa ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pendiri Pengembang properti terkemuka Australia, Crown Group Iwan Sunito membeberkan rahasia dan kunci utama dalam berinvestasi properti. Salah satu terpenting dalam investasi properti adalah lokasi.

Pendiri Crown Group yang juga perantau dari Indonesia ini mengatakan, sebelum melakukan semua investasi di sektor properti, perlu diperhatikan dahulu lokasi yang akan dipilih. Sebab, hal itu akan menentukan keuntungan investasi ke depannya.

"Untuk mulai berinvestasi properti, hal pertama yang diperhatikan adalah lokasi, lokasi, lokasi. Sebab, selain reputasi pengembang dan desain bangunan, lokasi menjadi hal yang sangat menentukan dalam tinggi rendahnya keuntungan di masa mendatang," ujar Iwan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (17/4).

Dalam pandangannya, daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan karena harga beli atau investasi awal akan lebih rendah dibandingkan daerah yang sudah jadi atau etablished. Untuk itu, kawasan pinggiran akan lebih menguntungkan dibanding kawasan Central Business Distrik (CBD).

Selain itu, investasi properti juga perlu melihat lokasi tersebut dekat dengan apa, bagaimana demografinya, kondisi pasarnya, fasilitas umum yang tersedia apa, pertumbuhan harga, dan daya sewa di wilayah tersebut.

Adapun Iwan mencontohkan, proyek properti yang sedang digarap oleh perusahaannya yaitu di kawasan Eastlakes. Di mana lokasi itu terletak di kawasan suburb timur, atau sekitar enam kilometer dari CBD Sydney, dengan bandara domestik dan pantai Coogee.

"Meskipun terletak di daerah suburb, Eastlakes juga dekat dengan daerah-daerah popular di Sydney. Hanya tiga menit menuju Alexandria, enam menit ke Surry Hills, delapan menit ke Redfern, pusat kota sekitar 10-11 menit, pantai Coogee 10 menit, pantai Maroubra 12 menit, La Paraouse 17 menit, Bandar udara domestik enam menit dan Bandar udara internasional 11 menit," jelasnya.

Selain itu, demografis Eastlakes juga sangat menarik karena 46 persen total populasi adalah usia produktif. Hal tersebut menjadi perhatian dalam peningkatan biaya sewa di Eastlakes lima tahun terakhir yang mencapai 21 persen atau rata-rata 4 persen per tahun.

Untuk itu, agar mendapat keuntungan yang maksimal maka para calon investor harus bisa mencari informasi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya perihal area yang ingin dijadikan investasi sebelum mereka menjatuhkan pilihan.

"Semakin banyak informasi yang didapat, semakin akurat pula kalkulasi untuk keputusan yang akan diambil, dan kapan waktu investasi yang tepat, jawabnya adalah sekarang," pungkasnya. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Investasi
  2. Properti
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini