AKI Group Kembangkan Resort Tenaga Surya Pertama di Indonesia

Senin, 9 Maret 2020 16:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
AKI Group Kembangkan Resort Tenaga Surya Pertama di Indonesia Resort. istimewa ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu pengembang Tanah Air, Anugerah Kasih Investama (AKI) Group menawarkan villa & resort dengan konsep swa energy dari energi baru terbarukan (EBT) yang bersumber dari matahari. Energi ini menggabungkan solar panel dan energy storage system.

Berjarak 3 km dari gerbang tol Ciawi, The Leaf Boutique Resort ini merupakan yang pertama di sektor properti di Indonesia yang melakukan pengembangan swa energy dari EBT, sekaligus melakukan komersialisasi.

Direktur Sales and Marketing AKI Group, Piter Sim mengungkapkan, AKI akan membangun 30 unit resort dan menggandeng Baran Energy, perusahaan yang mengembangkan teknologi penyimpanan daya listrik yang bisa memasok kebutuhan listrik di resort tersebut.

"Dari 30 unit resort yang kami bangun, tidak semuanya akan dipasang teknologi Baran Energy. Saat ini, sudah ada beberapa unit yang sudah terpasang dan pemilik resort bebas menggunakan listrik secara gratis. Itulah kelebihan dari resort ini, selain design-nya sangat futuristic," tutur Piter dikutip keterangannya di Jakarta, Senin (9/3).

Piter berharap, The Leaf Boutique Resort bisa menjadi kawasan swa energy percontohan Pertama di Indonesia.

"Jadi, tentu saja hal ini akan menarik bagi masyarakat, khususnya bagi calon konsumen The Leaf. Karena selain bisa digunakan untuk berlibur, resort-nya juga bisa menghasilkan energi secara mandiri," tutur Piter.

1 dari 1 halaman

Cara Kerja Sistem Energi Matahari

sistem energi matahari

Teknologi yang dikembangkan oleh Baran Energy dapat menghasilkan listrik secara mandiri, sebagai backup listrik yang bersumber dari PLN tetap digunakan. Cara kerja teknologi Baran Energy ini cukup sederhana, yakni cahaya matahari dikonversi menjadi energy listrik melalui solar panel. Listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga, seperti lampu, kulkas, mesin air, AC, kipas angin, dan lain-lain.

"Dengan luas bangunan dan tanah 150 m2 serta private pool ditambah dengan teknologi yang mampu menghasilkan listrik dan dengan design futuristic, Resort ini bisa menjadi sangat mahal. Namun, saat ini harganya masih Rp2,5-an miliar per unit," ucap Piter.

Selain itu, kata Piter, konsumen bisa dapatkan mobil Tesla Seri 3 tanpa diundi, cukup dengan beli villa di The Leaf Boutique Resort

Piter menyampaikan, tidak menutup kemungkinan ke depannya proyek-proyek perumahan lain dapat menggunakan teknologi dari Baran Energy ini untuk membantu keramahan lingkungan di Indonesia karena ini merupakan hasil karya anak bangsa yang patut didukung perkembangannya.

[idr]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Properti
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini