Zulkifli Hasan soal poros ketiga: Secara matematis mungkin, tapi butuh keajaiban

Selasa, 13 Maret 2018 14:55 Reporter : Ahda Bayhaqi
Zulkifli Hasan soal poros ketiga: Secara matematis mungkin, tapi butuh keajaiban Zulkifli Hasan. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan poros ketiga tidak mustahil untuk muncul. Dalam hitungan ambang batas, dari lima partai yang belum mendeklarasikan, masih dapat mencapai batas pencalonan presiden 20 persen. Namun, hal tersebut butuh keajaiban agar terjadi.

"(Poros ketiga) Kalau matematis mungkin, tapi butuh keajaiban," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (13/3).

Saat ini lima partai, PDIP, Golkar, Hanura, NasDem, dan PPP telah resmi mendeklarasikan dukungan kepada Joko Widodo. Sementara, sisanya masih ada Gerindra, PKS, PAN, PKB, dan Demokrat. Meski tak resmi, Gerindra dan PKS menyatakan akan bersama. Sementara sisanya belum menentukan arah politiknya.

Zulkifli melihat dinamika politik saat ini tidak memungkinkan terjadinya poros baru. Belakangan, Demokrat yang memiliki kursi paling besar di antara tiga partai sisa, lebih memberikan sinyal akan merapat ke Jokowi.

"Poros 1 atau 3 sulit sekali. Kalau 2 poros itulah yang rasional karena aturan itukan 20 persen dengan perkembangan politik sekarang," kata dia.

Ketua MPR ini mengatakan masih melakukan pertemuan-pertemuan informal dengan para petinggi partai politik. Pihaknya masih menunggu waktu kemana dukungan akan berlabuh.

"Masih pertemuan-pertemuan informal saja, nanti bulan depan kunjungan partai baru resmi. Tapi nanti kalau pengurus PAN saling kunjung barulah ada informasi," ucapnya. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini