Ziarah Makam Gus Dur, Ganjar: Beliau Membuka Ruang Toleransi

Minggu, 17 April 2022 21:11 Reporter : Fikri Faqih
Ziarah Makam Gus Dur, Ganjar: Beliau Membuka Ruang Toleransi Ganjar Ziarah Ke Makam Gus Dur. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan ziarah ke makam Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terletak di Kompleks Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

"Sebenarnya sudah agak lama sih saya mau ke sini tapi waktunya belum cocok, yang cocok hari ini. Ngono kok repot," katanya usai berziarah, Minggu (17/4).

Dia melihat Gus Dur adalah sosok negarawan yang sangat tenang dalam menghadapi setiap persoalan. Apalagi yang berhubungan dengan persoalan bangsa dan negara.

Selain itu, Ganjar menilai, Gus Dur merupakan pahlawan kemanusiaan. Sesuai dengan jasa-jasa Gus Dur dalam membuka ruang toleransi dan demokrasi seluas-luasnya bagi seluruh rakyat Indonesia.

2 dari 2 halaman

Karena hal itulah, dia jadi mengidolakan cucu dari pendiri organisasi Islam terbesar Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy’ari.

"Beliau itu membikin saya sebagai anak muda senang karena memberikan ruang demokrasi ya. Dan semua masalah itu ditanggapi dengan enteng, padahal itu serius sekali makna-makna di dalamnya," ungkap Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar menyebut, organisasi NU yang didirikan pada 31 Januari 1926 silam, tak perlu diragukan lagi sejarah dan sumbangsih yang diberikan untuk kehidupan beragama di Indonesia.

"Apalagi kalau itu (NU). Sejarahnya siapa yang bisa meragukan? Organisasi yang sangat besar dan bagaimana kemudian berkontribusi pada bangsa dan negara melalui pesantren itu kan luar biasa," tandasnya.

Baca juga:
Ziarah ke Makam Bung Karno, Ganjar Ajak Seluruh Rakyat Indonesia Jaga Persatuan
Komunitas Tani di Sukabumi Dukung Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024
Kunjungi Kampung Pancasila, Ganjar Tekankan Pentingnya Menjaga Toleransi Beragama
Sekumpulan Perempuan di Jawa Barat Dukung Ganjar jadi Presiden di 2024
Kisah Mbah Yono, Seniman yang Buat Wajah Ganjar Pranowo dari Tanah Liat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini