Wapres JK Ucapkan Selamat untuk Jokowi-Ma'ruf dan Minta Prabowo ke MK Jika Tak Puas

Selasa, 21 Mei 2019 14:48 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres JK Ucapkan Selamat untuk Jokowi-Ma'ruf dan Minta Prabowo ke MK Jika Tak Puas Debat kedua Pilpres 2019. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden-wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin atas hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 yang sudah diselesaikan KPU. Dia juga meminta kepada capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno yang tidak puas atas hasil tersebut agar menempuh jalur hukum.

"Pak Jokowi kita ucapkan selamat, dan Kiai Ma'ruf atas kemenangannya secara formal sudah ditetapkan oleh KPU," kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka, Selasa (21/5).

"Kalau yang tidak puas ada jalannya yang secara yuridis. kan kita negara hukum tentu dan politis yang baik. Jadi ajukanlah ke MK, ke Bawaslu sehingga sama dengan pendapat semua pihak. Karena bedanya agak jauh 11 persen. apapun itu harus bersyukurlah," lanjut JK.

JK ikut angkat bicara mengenai sikap politik BPN yang menolak menandatangani rekapitulasi hasil akhir KPU. Menurutnya, sikap itu sama sekali tidak akan mengubah keputusan akhir. Rekapitulasi suara KPU tetap sah.

"Sama kalau setiap keputusan tadi ada yang senang, ada yang kecewa. Kekecewaan paslon 02 tidak menerima, tidak akan mengubah keputusan. Karena walau tidak tanda tangan tetap sah," ungkap JK.

Diketahui, pasangan Jokowi-Ma'ruf berhasil jadi pemenang Pilpres 2019 mengungguli rivalnya yakni pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Pasangan nomor urut satu Joko Widodo dan Ma'ruf Amin meraih 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Pasangan nomor urut dua, 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.

Pasangan calon nomor urut 01 unggul di 21 provinsi dan pasangan nomor urut 02 unggul di 13 provinsi. Data resmi itu telah disahkan, tertanggal Senin 20 Mei 2019, sekitar pukul 24.00 WIB.

Dari data KPU, 21 Provinsi dimenangkan oleh paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf adalah Sulawesi Tengah, Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, Gorontalo, dan Papua.

Kemudian, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung, dan Sulawesi Utara.

Sedangkan 13 provinsi sisanya, dimenangkan oleh paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga. Yaitu Bengkulu, Kalsel, Malut, Jambi, Sumsel, Sulteng, Sumbar, Banten, NTB, Aceh, Jabar, Sulsel, dan Riau. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini