WALHI: Jokowi Klaim Terlalu Berlebihan, Prabowo Tak Kuasai Masalah

Senin, 18 Februari 2019 14:10 Reporter : Merdeka
WALHI: Jokowi Klaim Terlalu Berlebihan, Prabowo Tak Kuasai Masalah walhi konferensi pers terkait debat capres kedua. ©2019 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Nur Hidayati menilai, masing-masing calon Presiden RI (Capres) tak menguasai permasalahan lingkungan hidup. Hal itu terlihat dari debat capres kedua pada Minggu (17/2) malam kemarin.

Menurut Nur Hidayati, baik Joko Widodo maupun Prabowo Subianto sama-sama tidak menyentuh akar permasalahan terkait lingkungan hidup yang ada di Tanah Air.

"Ada kecenderungan calon 01 (Jokowi) yang klaim terlalu berlebihan. Sementara calon 02 (Prabowo) terkesan tidak menguasai masalah," ujar dia di kantornya, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (18/2).

Nur Hidayati mengatakan, klaim terlalu berlebihan yang dia sematkan kepada Jokowi terkait pembahasan kebakaran hutan dan konflik. Dalam debat, Capres petahana itu menyebut tak ada kebakaran hutan selama tiga tahun terakhir.

"Faktanya, dari data titik panas yang diolah WALHI, dari 8.617 titik panas sepanjang 2018, titik panas berada di lahan gambut," kata dia.

Sementara terkait pembahasan infrastruktur dan konflik, dalam debat Jokowi menyebut tak ada konflik infrastruktur selama masa jabatannya sebagai presiden. Nur Hidayati mengatakan, Jokowi seperti mengingkari apa yang ada.

"Faktanya, bahkan dalam laporan KSP (Kantor Staf Presiden) total konflik mencapai 555 kasus. Tercatat 19 kasus dengan 631 KK terdampak dengan luasan konflik mencapai 2 juta hektare lebih," kata dia.

Begitu juga dengan Prabowo Subianto, menurut Nur Hidayati, meski moderator debat memberikan pertanyaan beserta latarbelakang yang gamblang, mantan Danjen Kopassus itu hanya menyinggung soal ganti rugi dan tukar guling tanah.

"Calon 02 (Prabowo Subianto) tidak menyinggung mekanisme penyelesaian konflik. Hanya menyinggung soal ganti rugi yang justru menunjukkan penguasaan masalah yang minim," kata dia.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini