Waketum PKB: Akan Ada Kejutan di Reshuffle Kabinet

Rabu, 8 Desember 2021 14:34 Reporter : Ahda Bayhaqi
Waketum PKB: Akan Ada Kejutan di Reshuffle Kabinet Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid Temui Sesepuh NU. ©Istimewa

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, bakal ada kejutan dari perombakan kabinet yang akan dilakukan Presiden Jokowi. Reshuffle kabinet diprediksi akan dilakukan pada akhir tahun atau awal tahun 2022.

"Kalau sekarang akan lebih banyak kejutan. Kalo terjadinya di akhir tahun. Kan pasti dugaan saya di akhir tahun atau di awal tahun. Sama-sama mengejutkan nantinya," ujar Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/12).

Jazilul mengatakan, biasanya para ketua umum partai koalisi pemerintah akan dihubungi oleh Presiden Joko Widodo mendekati reshuffle.

"Kalau kata ketum saya sih, kalau soal reshuffle biasanya (dihubungi presiden) mepet-mepet. Kalo kata Gus Muhaimin begitu, biasanya mepet-mepet dan saya kan cuma waketum. Tentu yang biasanya tahu para ketum dan pola komunikasinya adalah itu," ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

Menurut Jazilul ada beberapa alasan untuk melakukan reshuffle. Selain mengenai evaluasi kinerja menteri, ada juga penambahan anggota koalisi. Yaitu untuk memberikan kursi kepada PAN yang baru bergabung.

"Kalau itu lihat kondisi objektifnya, kan kedua perkembangan di koalisi, pertimbangan politik itu sudah ada. Karena ada satu partai yang bergabung artinya ada yang perubahan di situ, sebagai syarat reshuffle itu ada," ujarnya. [bal]

Baca juga:
Johan Budi Ketemu Jokowi Beri Masukan Kinerja Kabinet
Belum Dikabari Jokowi, PPP Tak Yakin Reshuffle Menteri Digelar Pekan Ini
Mensesneg soal Kabar Reshuffle 8 Desember: Sampai Saat Ini Tak Ada Rencana
PAN Soal Waktu Reshuffle Kabinet: Jokowi Ini Tak Bisa Diprediksi
NasDem: Prananda Paloh Cerdas, Cocok Jadi Menteri
Perpres Tentang Wamen ESDM Dinilai Jadi Indikasi Reshuffle Kabinet

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini