Waketum Gerindra: Nama yang diusulkan PKS layak dampingi Prabowo

Selasa, 17 April 2018 12:56 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Waketum Gerindra: Nama yang diusulkan PKS layak dampingi Prabowo Ferry Juliantono. ©2017 merdeka.com

Merdeka.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyodorkan sembilan nama Capres-Cawapres untuk mitra koalisinya yakni Gerindra. Dari sembilan figur, nama Ahmad Heryawan disebut memiliki suara terbanyak di internal PKS. Disusul Hidayat Nur Wahid dan Anis Matta.

Menurut Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono seluruh nama yang diusulkan PKS merupakan nama potensial sebagai cawapres Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Gerindra menunggu kebijakan PKS apakah tiga nama itu ditawarkan ke Prabowo atau salah satu dari total 9 nama dipilih sendiri oleh Prabowo.

"Nama-nama yang diusulkan PKS adalah nama yang layak untuk sebagai calon wakil presiden dan tapi kan kita harus menyerahkan mekanisme tersebut di internal PKS sendiri apakah kemudian dikerucutkan, kemudian baru diserahkan kepada pak Prabowo untuk dibahas sebagai bagian dari musyawarah tersebut, atau 9 nama ini diserahkan untuk dibahas kemudian nanti misalkan diputuskan oleh pak Prabowo," kata Ferry saat dihubungi merdeka.com, Selasa (17/4).

Namu, Ferry menilai nama cawapres Prabowo juga bisa berasal dari non parpol. Hal itu dimungkinkan tergantung kesepakatan koalisi.

"Iya kan juga yang jadi pembahasan apakah memungkinkan ada kalau sekiranya ada nama di luar partai politik kemudian juga bisa menjadi bahan yang perlu dimusyawarahkan. Artinya juga masih mungkin soal itu (kader non parpol)," ujarnya.

Sementara, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan komunikasi Gerindra-PKS sampai saat ini masih harmonis. Semua figur yang dipilih Prabowo juga harus diverifikasi oleh Majelis Syuro PKS.

"Komunikasi dengan Gerindra intens dan harmonis. Majelis Syuro akan menentukan siapa yang diusung Capres Cawapres. Intinya siapa yang dipilih Pak Prabowo dan disetujui Majelis Syuro itu yang dicalonkan Capres Cawapres," ucapnya lewat pesan singkat kepada merdeka.com, Selasa (17/4). [rzk]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini