Verifikasi Administrasi, KPU Kategorikan Dokumen Parpol Benar dan Sah

Minggu, 7 Agustus 2022 15:00 Reporter : Merdeka
Verifikasi Administrasi, KPU Kategorikan Dokumen Parpol Benar dan Sah Peluncuran Tahapan Pemilu 2024. ©2022 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari meninjau jalannya verifikasi administrasi di Hotel Borobudur Jakarta. Menurut dia, proses pemeriksaan tersebut dilakukan untuk partai-partai yang dokumennya telah dinyatakan lengkap saat mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024.

"KPU bersama dengan Bawaslu akan meninjau kegiatan verifikasi administrasi berbasis sistem informasi partai politik (Sipol) biar sama-sama tahu di lokasi seperti apa," kata Hasyim di Kantor KPU RI Jakarta, Minggu (7/8).

Hasyim menjelaskan, proses verifikasi administrasi sudah dimulai sejak dibukanya proses pendaftaran calon peserta Pemilu 2024. Nantinya, KPU akan melabeli partai yang lolos verifikasi dengan dua kategori, benar dan sah.

"Pada intinya verifikasi administrasi itu kan kategorisasinya benar dan sah. Nanti kalau ada yang dianggap menurut ketentuan peraturan perundang-undangan belum benar atau belum sah, nanti ada kesempatan untuk dilakukan perbaikan, pada masa perbaikan nanti," jelas Hasyim.

Verifikasi administrasi dan verifikasi faktual adalah hal yang wajib dilakukan partai politik sebelum sah menyandang status peserta Pemilu 2024.

Mengutip putusan Mahkamah Konstitusi nomor 55 tahun 2020, ada 3 kategorisasi parpol yang harus mengikuti tahapan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024.

Pertama, parpol pemilu peserta 2019 lolos Parlemen Treshold (PT). Kedua parpol pemilu peserta 2019 tidak lolos PT dan ketiga adalah parpol baru.

Kemudian, berdasarkan putusan MK tersebut, terhadap 3 partai memiliki beda perlakuan untuk tata pendaftarannya.

Reporter: M Radityo Priyasmoro

Sumber: Liputan6.com [bal]

Baca juga:
Target Partai Gelora di Pemilu 2024: Lolos Parliamentary Threshold 4 Persen
Intip Kesibukan Ruang Verifikasi Administrasi Parpol Calon Peserta Pemilu 2024
Klaim Anis Matta soal Tokoh Pindah ke Partai Gelora
KPU
KPU
KPU

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini