Usung Airlangga Jadi Capres, Golkar Bakal Rundingkan dengan PPP dan PAN

Kamis, 11 Agustus 2022 07:44 Reporter : Ahda Bayhaqi
Usung Airlangga Jadi Capres, Golkar Bakal Rundingkan dengan PPP dan PAN PAN, Golkar, dan PPP daftar ke KPU. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Partai Golkar masih berkukuh mendorong ketua umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024. Golkar akan merundingkan Airlangga agar menjadi calon presiden dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), bersama PPP dan PAN.

"Pada saat masing-masing partai PAN dan PPP sudah masuk konsolidasi, baru kita bicarakan. Dan tentu kami dari Partai Golkar dalam perundingan itu akan menyampaikan yang pertama kali adalah Pak Airlangga," ungkap Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia kepada wartawan, Rabu (10/8).

Untuk saat ini masing-masing partai politik di KIB diberikan kesempatan untuk menjaring bakal calon presiden di internal. Hanya Golkar yang sudah punya calon presiden.

"Silakan saja masing-masing partai politik kemudian melakukan konsolidasi, melakukan kreasi untuk bisa menyerap aspirasi dari bawah ya silakan saja. Dan itu kan memang terbuka mereka lakukan itu. Tapi buat Golkar, kami kan sudah selesai. Golkar calonnya Pak Airlangga," kata Doli.

KIB akan menyusun mekanisme dengan bersama-sama membangun platform koalisi. Akan digelar agenda konsolidasi bersama itu pada 14 Agustus mendatang.

Doli yakin pada saatnya akan ada titik temu terkait calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diberikan tiket oleh KIB.

"Saya kira hal-hal nanti yang bersifat politik dan lebih praktis mudah-mudahan kita akan bisa mencari jalan keluarnya. Saya optimis," pungkas ketua Komisi II DPR ini. [cob]

Baca juga:
KPU Nyatakan Dokumen Partai Koalisi Indonesia Bersatu Lengkap
PPP Ungkap Capres Potensial KIB: Ada dari Kabinet hingga Kepala Daerah
KIB Sodorkan Kontrak Politik bagi Tokoh Eksternal Maju Capres, Ini Isinya
Golkar Beri Sinyal PSI dan Perindo Gabung KIB
Khofifah, Erick Thohir hingga Ganjar Masuk Lima Capres Pilihan PAN Jatim
KIB Sambut Anggota Baru, PSI dan Perindo Berikutnya?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini