KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Usai usung Ridwan Kamil, PKB titip 9 Agenda Lahir Batin

Kamis, 14 September 2017 10:57 Reporter : Andrian Salam Wiyono
ridwan kamil didukung PKB. ©2017 Merdeka.com/Andrian Salam Wiyono

Merdeka.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengusung Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jabar 2018. Dukungan PKB menyusul Partai NasDem yang sebelumnya pernah mendeklarasikan Wali Kota Bandung tersebut pada Maret 2017 lalu.

Namun partai berbasis Islam itu tidak serta merta mendukung Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, begitu saja. PKB menitipkan sembilan poin, yang disebutnya sebagai '9 Agenda Lahir Batin'. Apa saja ?

"Sembilan agenda lahir bahtin ini diberikan untuk memperjuangkan dan memenangkan Kang Emil menjadi Gubernur Jawa Barat,dan kami minta seluruh kader PKB untuk bejibaku memenangkannya," kata Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda dalam keterangan tertulisnya pada merdeka.com, Kamis (14/9).

Sembilan Agenda lahir bahtin itu sudah disampaikan pada Emil baik secara lisan maupun tulisan.

Berikut poin '9 Agenda Lahir Batin' :

1. Menggerakkan, menjaga dan menfasilitasi pembangunan dan pengembangan Pesantren, Masjid dan Tajug.

2. Menguatkan dan meningkatkan kesejahteran ekonomi umat Jabar, dengan menumbuhkan saudagar muslim melalui pemberian akses jejaring ekonomi dan pendampingan yang intensif.

3. Menjamin keberlangsungan pasar tradisional dengan sistem zonasi bagi ritel modern dan merevitalisasi pasar tradisional.

4. Mendorong percepatan kemandirian ekonomi desa dengan cara menggerakkan dan pengembangan Bumdesa dan Desa wisata‎.

5. Menumbuh kembangkan entrepreneur muda desa dengan memprioritaskan wirausaha muda desa dan santri (star Up baru).‎

6. Memberdayakan ekonomi kelompok perempuan dengan dukungan regulasi dan permodalan.‎

7. Memperhatikan dan menfasilitasi penyelenggaraan keberlangsungan Madarasah Diniyah dengan memperhatikan Guru ngaji dan majlis taklim.

8. Meningkatkan pendapatan Petani dan Nelayan dengan cara penciptaan skala ekonomi, melalui pengembangan program unggulan kawasan Pedesaan (cluster ekonomi).

9. Melakukan percepatan pembangunan kawasan Jabar Selatan, dalam rangka implementasi pemerataan dan keadilan pembangunan di Jawa Barat.

‎Sementara Ridwan Kamil mengaku, permintaan dari PKB sendiri telah menjadi agenda besarnya apabila nanti terpilih sebagai Gubernur Jabar. "Syaratnya lebih ke filosofis ideologis. Tanpa diminta pun saya akan melakukannya (pembangunan ekonomi di Jabar selatan). Seperti halnya membangun Kota Bandung," imbuhnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. PKB
  2. Ridwan Kamil
  3. Bandung
  4. Pilgub Jabar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.