Usai Dapat SK dari Kemenkum HAM, Pengurus Partai Gelora Sowan ke Istana

Senin, 20 Juli 2020 19:00 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Usai Dapat SK dari Kemenkum HAM, Pengurus Partai Gelora Sowan ke Istana Pengurus Partai Gelora. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, M Anis Matta bersama wakilnya Fahri Hamzah serta jajaran pengurus DPP bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (20/7). Pertemuan tersebut adalah bagian dari sowan pertama setelah Partai Gelora mendapatkan surat keputusan (SK) Kemenkum HAM RI.

"Alhamdulillah kami baru saja bertemu dengan bapak Presiden Jokowi, kami meminta pertemuan ini setelah kami dari partai Gelora resmi sebagai partai politik telah mendapatkan pengesahan dari Kemenkum HAM, sehingga kami merasa perlu melakukan silaturahim pertama kali dengan bapak presiden," kata Anis Matta di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/7).

Dia menjelaskan dalam pertemuan, mereka memperkenalkan beberapa pengurus partai. Mulai dari Fahri Hamzah hingga Deddy Mizwar sebagai ketua bidang seni budaya. Tidak hanya Jokowi saja kata Anis yang ditemui. Rencananya, mereka juga akan bertemu dengan lembaga tinggi negara, pimpinan partai politik hingga tokoh nasional.

"Sebagai partai baru, yang baru disahkan, silaturahim yang kami lakukan adalah satu kewajiban moral bagi kami untuk perkenalkan diri kepada seluruh pemegang kepentingan di republik ini, terutama bapak Presiden, dan insyaallah dengan pimpinan lembaga tinggi negara dan pimpinan parpol," ungkap Anis.

Dia mengklaim silaturahim tidak akan terhenti. Hal tersebut juga salah satu cara agar tidak jadi krisis sosial dan politik.

"Kita perlu berdiri bersama sebagai satu bangsa dengan visi bersama dan melakukan kolektif action juga secara bersama," ungkap Anis.

Partai Gelora sebelumnya telah secara resmi mendaftarkan diri ke Kemenkum HAM sebagai partai politik pada tanggal 31 Maret 2020. Selain kepengurusan pusat, juga didaftarkan kepengurusan 34 DPW, 484 DPD dan 4.394 DPC.

Menurut Direktur Tata Negara Ditjen AHU Kemenkum HAM, Baroto, proses verifikasi administratif telah selesai pada tanggal 21 april 2020. Kemudian dilanjutkan verifikasi faktual yang telah selesai pada 11 Mei lalu.

"Untuk penyerahan SK Menkumham nantinya akan dilakukan melalui pertemuan virtual, dan kabarnya akan dihadiri seluruh jajaran pimpinan Partai Gelora Indonesia dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Pak Menteri akan menjadwalkan setelah libur Idul Fitri," papar Baroto [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini