Usai Bertemu Surya Paloh, AHY Merasa Hubungan NasDem-Demokrat Semakin Nyaman dan Kuat

Kamis, 23 Juni 2022 14:53 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Usai Bertemu Surya Paloh, AHY Merasa Hubungan NasDem-Demokrat Semakin Nyaman dan Kuat AHY bertemu Surya Paloh di Markas NasDem. ©2022 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selesai melakukan pertemuan dengan Ketum NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (23/6). Pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu semakin menguatkan hubungannya kedua parpol.

Usai pertemuan, AHY belum banyak bicara mengenai koalisi dengan partai NasDem untuk Pemilu 2024 mendatang. AHY hanya mengatakan bahwa hubungan kedua partai semakin nyaman dan kuat setelah pertemuan lanjutannya dengan ketua umum partai NasDem Surya Paloh, hari ini.

"Kalau kata Pak Surya ada yang bisa disampaikan ke publik, ada yang lebih tertutup. Tetapi saya bisa pastikan di sini hubungan kami lebih terasa nyaman, semakin hari semakin kuat, dan juga lebih terbuka. Terbuka dalam arti kita bisa lebih membedah dengan lebih leluasa dinamika hari ini, peta politik hari ini, dan proyeksi-proyeksi yang bisa kita ikuti bersama," kata AHY di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (23/6).

AHY menyebut, hubungan antara Demokrat-NasDem yang dibangun tak boleh terburu-buru untuk mengarah ke koalisi. Baik Demokrat dan NasDem masih memantau dinamika politik yang penuh kejutan.

"Beliau juga sering mengingatkan, kita tidak boleh terburu-buru, semuanya harus diupdate dengan baik, karena memang inilah nature dari politik kita begitu dinamis, penuh dengan kejutan, misterius kadang-kadang," ucap dia.

AHY melanjutkan, Demokrat dan NasDem masih menikmati proses yang ada. Dia mengatakan, percuma buru-buru berkoalisi bila nantinya bubar.

"Kita ingin meyakinkan terlebih dahulu, kalau beliau mengatakan buat apa buru-buru, kemudian buru-buru bubar juga. Lebih baik kita enjoy the proccess, kita senang sekali semakin hangat, makin harmonis," kata AHY.

"Dalam arti semangatnya makin bertemu dan InsyaAllah ketika ada ruang dan momentum yang baik ya pada saatnya kita belum menentukan itu sekarang," pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Pertemuan Diisi Canda dan Tukar Pikiran

Sementara itu, Surya Paloh mengatakan, pertemuannya dengan AHY yang berlangsung hari ini diisi dengan diskusi ringan dibalut canda dan tukar pikiran.

"Pertemuan yang penuh dengan banyak candaan sekaligus juga sharing bertukar pikiran bersama terhadap masalah-masalah yang cukup aktual pada saat ini," kata Paloh saat jumpa pers di NasDem Tower.

Paloh mengakui NasDem dan Demokrat memiliki keinginan untuk membentuk suatu kebersamaan. Menurut dia, hal itu dibuktikan dengan semakin mendekatnya hubungan silaturahmi yang sudah ada antara NasDem dan Demokrat.

3 dari 3 halaman

Chemistry Semakin Kuat

Menjawab hal tersebut, AHY tidak menampik. Dia memandang, NasDem dan sosok Surya Paloh adalah bagian dari keluarga besar partainya dengan rekam jejak hubungan yang sudah lama terbina.

"Ini adalah kunjungan kami yang ketiga dan selalu kita berdiskusi dalam berbagai hal, termasuk di jamuan makan siang. Kami ingin selalu hadir untuk membangun sebuah semangat yang sama sebagai sahabat. Beliau bukan orang baru bagi kami dan keluarga kami. Chemistry sudah ada merupakan kekuatan yang bisa dan terus kita perkuat untuk perjuangan ke depan,” jawab AHY.

AHY menambahkan, pertemuan dengan Surya Paloh dan jajaran fungsionaris Partai NasDem selama dua jam ini turut mendiskusikan berbagai hal. Salah satunya soal tantangan global dunia dan masa depan Indonesia agar bisa tetap survive sebagai negara yang kuat.

“Kita juga bicara politik yang dinamis dan kita juga membangun visi misi yang memiliki kesamaan di sana-sini. Pada akhirnya jika semakin intensif yang kami lakukan mudah-mudahan terbuka ruang yang lebih luas antara NasDem dan Demokrat,” AHY memungkasi.

Reporter: Muhammad Radityo Priyasmono

Baca juga:
AHY Ketemu Surya Paloh, SBY dan JK Bahas Masa Depan RI di Cikeas
Temui Surya Paloh, AHY Sambangi Markas NasDem
Tak Ada Nama Prabowo dan AHY, NasDem: Kalau Belum Jodoh Enggak Mungkin Kawin Paksa
Tak Ada Nama Prabowo, AHY dan Puan, NasDem: Capres Usulan DPP Belum Masuk
NasDem: Surya Paloh Anggap AHY Seperti Anak Sendiri
Besok Sambangi DPP NasDem, Demokrat akan Dipimpin AHY

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini