Usai Bertemu Jokowi, Prabowo Tegaskan Gerindra Siap Jika Masuk Kabinet

Jumat, 11 Oktober 2019 16:14 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Usai Bertemu Jokowi, Prabowo Tegaskan Gerindra Siap Jika Masuk Kabinet Jokowi dan prabowo di istana. ©2016 merdeka.com/rizky erzi andwika

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Negara. Banyak hal yang dibahas keduanya, termasuk arah politik ke depan.

"Kami Gerindra mengutamakan kepentingan lebih besar untuk negara. Kita bertarung secara politik, selesai kita harus bersatu. Apabila diperlukan (dalam kabinet) kami siap. Itu sudah disampaikan juga saat pertemuan di MRT. Kalau diperlukan (dalam kabinet) kami tentu siap," kata Prabowo didampingi Jokowi usai pertemuan di Istana Negara, Jumat (11/10).

Namun, kata Prabowo, jika Gerindra tidak masuk kabinet, mereka akan tetap loyal sebagai cek and balance atau penyeimbang. "Karena di Indonesia enggak ada istilah oposisi ya, semua merah putih," tuturnya.

Prabowo melanjutkan, hubungan dirinya dengan Jokowi tetaplah baik. Bahkan Prabowo berkelakar kalau kian mesra. "Saya kira demikian ya," ujarnya.

Pertemuan Prabowo dan Jokowi kali ini menjadi yang kedua kalinya setelah Pilpres 2019 selesai. Pertemuan rekonsiliasi keduanya terjadi pada Juli 2019 lalu. Prabowo dan Jokowi berbincang di atas MRT dari Stasiun Lebak Bulus sampai FX Soedirman.

Sehari sebelumnya, Jokowi mengundang Ketua Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/10) kemarin. Jokowi mengakui banyak yang dibahas dengan SBY, salah satunya soal kemungkinan koalisi.

Jokowi awalnya menjelaskan, pertemuan dengan SBY membahas terkait masalah kebangsaan dan situasi terkini negara. Begitu juga soal politik terkait koalisi, tapi belum terjadi sebuah keputusan.

"Ditanyakan langsung ke Pak SBY langsung. Ya kita berbicara itu tetapi belum sampai ke sebuah, apa, sebuah keputusan," kata Jokowi. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini