Turunkan relawan sarjana, mesin politik Gerindra bergerak menangkan Gus Ipul-Puti

Rabu, 14 Maret 2018 00:13 Reporter : Arif Ardlyanto
Kader Gerindra. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pasca deklarasi pemenangan pasangan calon (Palson) Gubernur, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Mesin politik Partai Gerindra langsung bergerak cepat, mereka menurunkan relawan khusus untuk memenangkan pasangan calon nomor urut dua.

"Relawan ini akan mendapatkan gaji dan transportasi. Mereka harus benar-benar turun ke lapangan, kata Ketua DPD Jawa Timur, Soepriyatno, Selasa (13/3).

Ada dua pembagian kader yang turun ke lapangan untuk bisa menambah pundi-pundi dukungan terhadap pasangan calon Gus Ipul dan Puti. Pertama merupakan kader dengan lulusan sarjana, mereka berjumlah sekitar 70-an orang untuk mengetahui dengan valid dukungan yang diperoleh, kedua relawan biasa yang direkrut untuk menggiring masyarakat memilih Gus Ipul dan Puti.

Keputusan ini menjadi terobosan riil yang dipertahankan, supaya kinerja mesin politik berjalan sesuai yang diharapkan. Karena, Gerindra tidak ingin kadernya hanya diam menunggu, tetapi lebih pada jemput bola untuk memperoleh simpati dan dukungan masyarakat secara langsung.

"Ada relawan lulusan sarjana yang sengaja kita turunkan, mereka akan mendapatkan tugas khusus dibandingkan relawan-relawan lain," ujarnya.

Relawan sarjana ini, lanjutnya, berasal dari Surabaya yang akan diturunkan ke 38 kabupaten/kota. Mereka akan mengkoordinir relawan-relawan di daerah, karena semua laporan perkembangan kondisi wilayah akan masuk, kemudian Gerindra akan melakukan analisa secara menyeluruh.

Saat ini Gerindra telah melakukan pemetaan-pemetaan internal. Hasil pemetaan sebagai bentuk langkah kinerja yang harus dilakukan. Dalam pemetaan terdapat beberapa klasifikasi, mulai merah, kuning, dan hijau.

Klasifikasi merah itu berarti zona yang kekuatan Gus Ipul-Puti masih sangat rendah, kalau kuning merupakan pemetaan yang masih 50:50 dengan kompetitor, sedangkan klasifikasi hijau berarti sudah bisa dipastikan zona tersebut milik Gus Ipul-Puti. "Kalau zona merah, nantinya akan kita hijaukan supaya suara mengarah ke Gus Ipul-Puti," kata dia.

Di zona merah inilah, ujar Soepriyatno, Gerindra akan menambah relawan untuk terus berjuang menjadikan wilayah tersebut sebagai basis Gus Ipul-Puti. Sementara zona hijau akan dipertahankan dengan melakukan koordinasi dengan partai lain untuk mengamankan wilayah tersebut.

"Jadi lokasi yang untuk bertarung adalah zona merah dan kuning. Kalau merah kita semakin serius, relawan akan kita tambah terus," katanya.

Untuk itu, Soepriyatno meminta supaya anggota DPRD di wilayah masing-masing membantu relawan yang bekerja. Mereka juga membutuhkan transportasi untuk menguatkan suara di titik-titik tertentu. "Saya meminta anggota dewan membantulah supaya semua bisa berjalan dengan baik," ujar dia. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini