Trah Soekarno yang Mengukir Sejarah

Jumat, 4 Oktober 2019 06:45 Reporter : Syifa Hanifah
Trah Soekarno yang Mengukir Sejarah

Merdeka.com - Sejarah telah mencatat bahwa Soekarno adalah presiden pertama Indonesia. Di bawah kepemimpinannya bersama Mohammad Hatta, bangsa Indonesia mampu sejajar dengan negara-negara lain. Berbagai prestasi telah ditorehkan Soekarno-Hatta untuk bangsa Indonesia.

Atas segala jasa-jasanya, Soekarno mendapat julukan sebagai Bapak Proklamator. Kini anak keturunan Soekarno mengambil jalur yang sama di dunia politik.

Bahkan sang putri, Megawati Soekarnoputri mengikuti jejaknya menjadi presiden dan mencetak sejarah menjadi presiden perempuan pertama Indonesia.

Berikut ulasan trah Soekarno yang menempati jabatan negara dan menjadi perempuan pertama yang menempati jabatan itu:

1 dari 3 halaman

Megawati Soekarnoputri Presiden Perempuan Pertama RI

Megawati Soekarnoputri, menjadi keturunan Soekarno yang mengikuti jejak sang ayah menjadi Presiden Indonesia. Megawati tercatat menjadi presiden perempuan pertama Indonesia. Dia menjadi Presiden sejak 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004.

Megawati menjadi presiden setelah MPR mengadakan Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001. Ia dilantik pada 23 Juli 2001 bersama wakilnya Hamzah Haz. Sebelumnya dari tahun 1999–2001, ia menjabat Wakil Presiden pada pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Kemudian pada Pilpres 2004, Megawati kembali mencoba peruntungannya maju menjadi capres berpasangan dengan Hasyim Muzadi. Sayangnya Megawati harus mengakui keunggulan mantan Menterinya, Susilo Bambang Yudhoyono yang terpilih menjadi Presiden periode 2004-2014.

Walau kalah di Pilpres 2004, tak membuat Megawati kapok. Ia kembali menyalonkan diri di Pilpres 2009 bersama Prabowo Subianto. Lagi-lagi Megawati harus mengakui keunggulan Susilo Bambang Yudhoyono yang kembali menang dalam Pilpres 2009.

2 dari 3 halaman

Megawati Ketum Parpol Perempuan Pertama

Megawati juga merupakan ketua umum PDIP sejak memisahkan diri dari Partai Demokrasi Indonesia pada tahun 1999 dan kembali terpilih menjadi Ketum PDIP periode 2019-2024.

Untuk pertama kalinya setelah berganti nama menjadi PDIP, pengurus memutuskan melaksanakan Kongres I PDIP diselenggarakan pada 27 Maret-1 April 2000 di Hotel Patra Jasa, Semarang, Jawa Tengah. Kongres ini menetapkan Megawati sebagai Ketua Umum DPP PDIP periode 2000-2005 secara aklamasi tanpa pemilihan, karena 241 dari 243 DPC mengusulkan nama Megawati sebagai Ketua Umum DPP PDIP.

Kemudian pada Kongres II PDI Perjuangan diselenggarakan pada 28-31 Maret 2005 di Hotel Grand Bali Beach, Denpasar, Bali kembali mengukuhkan Megawati sebagai Ketua Umum terpilih karena seluruh peserta dalam pemandangan umumnya mengusulkan nama putri Proklamator RI itu.

Kursi Megawati sebagai Ketum PDIP tidak tergoyahkan. Megawati kembali menjadi Ketum PDIP untuk periode 2010-2015. Di bawah kepemimpinan Megawati pada Pilpres 2014. Selanjutnya pada Kongres IV PDI Perjuangan di Bali pada 8-12 April 2015, Megawati kembali dikukuhkan sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2015-2020.

Selanjutnya Megawati Soekarnoputri kembali terpilih sebagai ketua umum PDI Perjuangan secara aklamasi. Keputusan diambil dalam sidang paripurna Kongres V di Hotel Grand Inna Beach, Bali, Kamis (8/8/2019).

3 dari 3 halaman

Puan Maharani Ketua DPR Perempuan Pertama

Puan Maharani, cucu Soekarno yang merupakan putri dari Megawati juga melanjutkan jejak politik Ibu dan Kakeknya. Puan Maharani telah resmi menjadi ketua DPR periode 2019-2024. Puan menjadi perempuan pertama yang memimpin DPR. Dari awal terbentuk, ketua DPR selalu dipimpin oleh laki-laki.

"Nantinya akan pecah telor perempuan pertama menjadi Ketua DPR setelah 74 tahun (merdeka)," kata Puan usai pelantikan anggota DPR, Selasa (1/10).

Saat Pemilihan Legislatif 2019, Puan Maharani memperoleh suara terbanyak. Perolehan itu mencapai 404.034 suara. [dan]

Baca juga:
Pimpinan DPR Dikuasai Koalisi, Gerindra Sebut Tak Selamanya Puan Mesra dengan Jokowi
PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR
Ini Harta Kekayaan Lima Pimpinan DPR Baru, Rachmat Gobel Paling Tajir
PDIP Yakin Kepemimpinan Puan di DPR Perkuat Konsolidasi Pemerintahan Jokowi
Ini Profil 5 Pimpinan DPR 2019-2024, Ada Berlatar Belakang Pengacara & Pengusaha
Puan Maharani, Perempuan Trah Soekarno Pertama yang Jadi Ketua DPR

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini