Tokoh Eksternal Diusulkan Kader PPP Jadi Caketum: Sandiaga, Khofifah dan Gus Ipul

Senin, 2 November 2020 18:46 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Tokoh Eksternal Diusulkan Kader PPP Jadi Caketum: Sandiaga, Khofifah dan Gus Ipul Arsul Sani. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Muktamar PPP akan digelar pada 18-21 Desember di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sejumlah kandidat calon ketua umum muncul dari internal dan eksternal PPP.

Sekjen PPP Arsul Sani mengungkapkan dari lingkup internal, ada nama Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa, Wantimpres RI, Muhamad Mardiono, senior PPP Ahmad Muqowwam dan Amir Uskara.

"Ada yang dari internal yang pertama pak plt ketum Suharso, dan kedua pak majelis pertimbangan pak Mardiono yang saat ini merupakan anggota Wantimpres. Ketiga ada politisi senior PPP yang pernah jadi wakil ketua DPD RI Ahmad muqowam ya, kemudian ketua Fraksi PPP Amir uskara calon ketua umum," kata Arsul saat peluncuran Muktamar IX PPP dengan tema 'Mempersatukan Umat, Membangun Indonesia', Senin (2/11).

Selain dari internal PPP, kata Arsul, ada beberapa nama tokoh eksternal partai berlogo yang diusulkan oleh kader. Mereka adalah Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Wagub Jatim Saefullah Yusuf alias Gus Ipul.

"Ada juga dari pak Sandiaga Uno, ada setengah eksternal dan internal ibu Khofifah, Gus Ipul pernah jadi wakil ketua majelis pertimbangan partai," papar Arsul.

Namun, Arsul menegaskan bahwa PPP adalah partai kader. Selain itu, persyaratan dalam AD/ART bagi calon ketum dan sekjen adalah pernah menjadi pengurus DPP PPP.

"Partainya partai kader. Maka meskipun kami membuka pintu kepada semua orang untuk bisa gabung di PPP tapi AD/ART kami mengatur bahwa untuk masuk caketum itu harus pernah jadi pengurus di tingkat pusat PPP. Setelah itu baru di muktamar bisa jadi calon ketua umum, supaya indentitas PPP sebagai partai kader tidak hilang," ujar dia. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini