Tiga pesan Habibie untuk capres Indonesia 2014

Jumat, 8 Maret 2013 18:51 Reporter : Mustiana Lestari
Tiga pesan Habibie untuk capres Indonesia 2014 BJ Habibie. ©2012 Merdeka.com/mudasir

Merdeka.com - Mantan Presiden RI ketiga, BJ Habibie menaruh perhatian terhadap calon presiden Indonesia nanti. Ada tiga pesan yang dia sampaikan untuk calon pemimpin Indonesia di tahun 2014.

Pertama, soal tujuan yang harus diusung calon presiden Indonesia. Mereka tidak boleh punya tujuan yang menyimpang dari Pancasila.

"Seorang pemimpi sejati harus memiliki wawasan dan cita-cita yang diambil dari Pancasila dengan menghadapi resiko yang ada," katanya BJ Habibie di Sarasehan Pembangunan Nasional bidang Polhukam di kantor Bapennas, Jakarta, Jumat (8/3).

Pesan kedua yang disampaikan adalah soal kebersihan moral para calon pemimpin Indonesia. Mereka harus lebih baik dari generasi sebelum mereka untuk mewujudkan Indonesia lebih baik.

"Ayah saya berpesan, pemimpin itu harus bagaikan mata air yang bersih. Saya bilang 'Ya pak. Saya janji sama Bapak.' Saya yakin ini berlaku untuk Anda juga," pesannya lagi.

Terakhir, presiden atau menteri yang mendapat gelar doktor di umurnya ke 28 ini juga berpesan, jika suatu hari nanti menjadi pemimpin mereka juga wajib keluar dari tanggung jawabnya di partai politik.

"Menteri tidak boleh merangkap jadi ketua umum partai. Kalau melawan saya hadapi. Namun sekarang kebijakan ini dilalaikan sehingga terjadi kerancuan. Enggak usah takut deh, takutnya sama Allah. Tapi Allah beri kita tata krama," tutupnya.

Di Gedung Bappenas ini Habibie menjadi pembicara utama mengenai perbaikan di Indonesia. Dia membicarakan mulai dari HAM, kebebasan pers, kepemimpinan dan tema kebangsaan. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Capres 2014
  2. BJ Habibie
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini