Terungkap Alasan Istana Batal Kirim Nama Calon Panglima TNI ke DPR

Kamis, 24 November 2022 10:29 Reporter : Ahda Bayhaqi
Terungkap Alasan Istana Batal Kirim Nama Calon Panglima TNI ke DPR Sekjen DPR Indra Iskandar. ©2022 Istimewa

Merdeka.com - Istana berencana mengirimkan surat presiden terkait nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa pada Rabu (23/11). Namun, surat presiden itu dibatalkan dikirimkan dan ditunda menjadi Senin, 28 November mendatang.

DPR sudah berkomunikasi dengan Istana dan menyepakati surat presiden disampaikan secara resmi pekan depan.

"Surpres akan disampaikan secara resmi pada tanggal 28 hari Senin besok," kata Sekjen DPR RI Indra Iskandar kepada wartawan, Rabu (23/11).

2 dari 2 halaman

Alasan surat berisi nama calon Panglima TNI itu batal disampaikan karena Ketua DPR RI Puan Maharani sedang berada di luar negeri. Puan memimpin delegasi Indonesia dalam agenda sidang parlemen ASEAN di Kamboja.

"Kenapa tidak jadi disampaikan hari ini (Rabu)? Karena ibu Puan masih memimpin delegasi Indonesia pada sidang parlemen ASEAN di Kamboja, Phnom Penh," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan surat presiden berisi nama calon Panglima TNI akan dikirim pada Rabu, 23 November. Istana telah mempertimbangkan masa reses DPR dengan masa pensiun Andika pada Desember mendatang.

"Surpres penggantian panglima TNI itu kita, kan reses dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR, kita sudah menghitung. Pada hari ini kita akan dikirim kepada DPR surpresnya, jam-nya belum (surpres dikirim)" kata Pratikno di Istana Negara, Jakarta.

Namun, belakangan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengabarkan bahwa surat presiden itu batal disampaikan kepada DPR.

"Sampai dengan sore ini surpres belum, tapi info kami dapat supres akan dikirim kemungkinan besok ke ketua DPR. Nanti kalau sudah di ibu ketua DPR kita akan proses sesuai mekanisme yang berlaku sambil waktunya kita paskan dengan masa reses," ujar Dasco.

[fik]

Baca juga:
Istana Kirim Surat Berisi Nama Calon Panglima TNI Baru ke DPR pada 28 November 2022
DPR RI: Bisa Saja Presiden Memperpanjang Jabatan Panglima TNI
Politikus PDIP: Yudo Paling Layak Jadi Panglima TNI, Kalem, Tegas-Sistematis
Komisi I: Surpres Panglima Masuk DPR Sore Ini
Belum Terima Surpres Jokowi, Komisi I Harap Pergantian Panglima Sesuai Urutan Matra
Istana Kirim Surpres Pergantian Panglima TNI ke DPR Hari Ini
DPR Harap Surpres Calon Panglima TNI Bisa Dikirim Pekan Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini