Temui Cak Imin, Yusril Bantah Ajak PKB Dukung Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Kamis, 16 Maret 2023 20:37 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Temui Cak Imin, Yusril Bantah Ajak PKB Dukung Sistem Pemilu Proporsional Tertutup Pertemuan tertutup PKB dan PBB. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra menepis jika partainya mengajak PKB untuk mendukung sistem pemilu proporsional tertutup. PBB diketahui menjadi partai yang mendukung proporsional tertutup atau mencoblos partai.

"Tadi ada yang nanya, apa PBB mau ajak PKB? Ya enggak mungkin lah kalau saya ajak Pak Muhaimin begitu ya haha. Ini terbalik-balik dunia kalau saya ajak beliau," kata Yusril saat bertemu dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar di DPP PKB, Jakarta, Kamis (16/3).

Yusril menambahkan, lebih baik jika para pihak menunggu hasil keputusan Mahkamah Konstitusi. Apapun keputusan yang akan dikeluarkan MK nanti harus dihormati.

"Tetapi saya kira lebih baik kita tunggu apa putusan dari pada MK. Kalau sudah ada putusan kita taati bersama-sama, kalau MK tertutup, ya tertutup, kalau MK katakan terbuka, ya terbuka," katanya.

Selain PKB, partai yang mendukung proporsional tertutup adalah PDIP. Yusril mengatakan, partainya ada kesamaan pandangan mengenai sistem coblos partai dengan PDIP.

"Teman-teman PDI memang diskusi juga dengan kami tentang sistem proporsional terbuka dan tertutup. Rupanya kali ini ada kesamaan pandangan antara PBB dengan PDIP yang sama-sama menghendaki sistem proporsional tertutup, enggak ketat tertutup sebenarnya," kata Yusril.

Ikuti perkembangan terkini seputar berita Pemilu 2024 hanya di merdeka.com [lia]

Baca juga:
Sidang Sistem Pemilu di MK, Demokrat Merasa jadi Korban Pileg dan Pilpres Serentak
Djarot soal Sistem Pemilu 2024: Teman Bilang Pemilu 'Proporsional Tertunda' Saja
PPP Tegaskan Tolak Sistem Pemilu Coblos Partai
Untung Rugi Sistem Pemilu Terbuka dan Tertutup di Mata Gerindra
Dukung Sistem Pemilu Tertutup atau Terbuka? Begini Sikap PDIP Kabupaten Tangerang
Demokrat Sebut Minat Pendaftaran Caleg Berkurang Imbas Gugatan Sistem Pemilu


Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini