Taufik Kurniawan harap Bamsoet tingkatkan citra positif DPR di mata rakyat

Selasa, 16 Januari 2018 11:12 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Taufik Kurniawan harap Bamsoet tingkatkan citra positif DPR di mata rakyat Golkar tunjuk Bambang Soesatyo sebagai ketua DPR. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berharap, Bambang Soesatyo yang telah menjadi Ketua DPR RI, dapat meningkatkan kinerja legislatif sehingga berdampak pada citra positif institusi tersebut di mata publik.

"Saya berharap institusi DPR bisa lebih eksis dan lebih baik citranya di masyarakat meskipun dalam tiga tahun ini terjadi empat kali pergantian Ketua DPR," kata Taufik dikutip dari Antara, Selasa (16/1).

Dia menilai, meskipun terjadi empat kali pergantian Ketua DPR, namun kinerja Pimpinan DPR masih tetap berjalan karena sifatnya kolektif kolegial.

Wakil Ketua Umum DPP PAN itu pun berharap, agar semua anggota DPR dapat membagi waktu di tahun politik, yaitu antara kerja legislatif dan kerja politik.

"Kami berharap semua bisa berjalan sesuai harapan dan betul-betul bagi waktu karena ini tahun politik yang tentunya ada situasi terkait perhelatan pilkada serentak, Pemilu Legislatif, dan Pemilu Presiden yang dilaksanakan bersamaan," ujarnya.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR pada Senin (15/1) menyetujui pengangkatan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto.

Pelantikan tersebut setelah Fraksi Partai Golkar mengirimkan surat penunjukan yang berisi menunjuk Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR.

Dalam pidato pertamanya dihadapan para anggota DPR RI, Bambang mengatakan bertekad memperkuat tiga fungsi dasar DPR yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran karena ketiganya harus berjalan seiring dan saling mendukung.

"Dalam waktu sisa yang tidak terlalu lama, saya juga akan berupaya memperkuat fungsi dasar DPR RI, yaitu legislasi, pengawasan, dan anggaran," kata Bambang saat memberikan pidato pertamanya di Rapat Paripurna DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan ketiga fungsi itu harus berjalan seiring dan saling mendukung, termasuk penguatan terhadap tugas, fungsi dan kewenangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Menurut dia, MKD sebagai benteng kehormatan tidak saja kepada para anggota, tetapi juga kepada DPR sebagai institusi lembaga tinggi negara. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini