Tanggapi NasDem, Sekjen Gerindra Tegaskan Jatah Menteri Wewenang Presiden

Jumat, 16 Agustus 2019 14:09 Reporter : Sania Mashabi
Tanggapi NasDem, Sekjen Gerindra Tegaskan Jatah Menteri Wewenang Presiden Ahmad Muzani. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyoroti ucapan Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate yang mengatakan kecil kemungkinan partai oposisi masuk ke kabinet Jokowi-Ma'ruf. Menurut dia, penyusunan kabinet adalah hak prerogatif presiden.

"Ya sepenuhnya itu kan menjadi wewenang presiden ya. Jadi presiden punya kewenangan prerogatif untuk menentukan calon anggota kabinet dari manapun," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Muzani menegaskan Gerindra terlalu mempermasalahkan soal jabatan menteri. Dia hanya menegaskan itu adalah hak prerogatif presiden terpilih.

"Jadi saya kira kita pun tidak terlalu, kami berpandangan presiden punya kewenangan sepenuhnya untuk menentukan pembantu-pembantunya," ungkapnya.

Terkait dengan porsi menteri 55 untuk profesional dan 45 kader partai Wakil Ketua MPR ini juga enggan berbicara banyak. Pasalnya itu adalah hak dan kewenangan presiden.

"Terserah presiden lah, dia punya kewenangan penuh untuk tentukan orang-orang dan ahlinya," ucapnya.

Sebelumnya, Johnny G Plate menilai kecil kemungkinan presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi memadukan partai oposisi ke kabinet pemerintahan periode 2019-2024. Dia yakin Jokowi tahu bagaimana cara memosisikan partai oposisi.

"Walaupun kecil kemungkinannya kalau itu keputusan Pak Joko Widodo kami tentu dukung," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8). [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini