Susi Pudjiastuti dinilai bisa jadi lawan berat untuk Ahok

Jumat, 1 April 2016 20:35 Reporter : Etika Widya Kusumadewi
Susi Pudjiastuti dinilai bisa jadi lawan berat untuk Ahok Ahok-Susi Pudjiastuti. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejumlah nama tokoh sudah menyatakan diri bakal maju sebagai calon gubernur. Mulai dari calon petahana Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mantan Menteri Kehakiman Yusril Ihza Mahendra, pengusaha Sandiaga Uno hingga musisi kawakan Ahmad Dhani. Dari hasil survei yang dilakukan beberapa lembaga, nama Ahok masih kokoh di puncak klasemen.

Direktur Lingkar Madani Ray Rangkuti menuturkan, partai politik absen mencalonkan kandidat alternatif yang satu level dengan Ahok. Dia menyebut nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebagai lawan tangguh bagi Ahok karena memiliki sifat yang sama dan karakter hampir serupa.

"Kalau Ahok tegas, sama dengan Susi. Apalagi kalau dihadapkan dengan reklamasi," ujar Ray dalam diskusi bertajuk 'Pilkada DKI: Mencari alternatif selain Ahok' di Jakarta, Jumat (1/4).

Nama lain yang bisa jadi alternatif adalah Desi Ratnasari dan Djarot Saiful Hidayat. PDIP, PAN dan PKB yang disebutnya sebagai Koalisi Gagap bisa mencalonkan mereka. Sementara Partai Demokrat, kata Ray, bisa saja mencalonkan Ani Yudhoyono dan Sukarwo. Koalisi Bimbang yang didalamnya terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, PPP dan PKS diyakini belum memiliki figur yang bisa menandingi Ahok.

Dia menilai, lamanya sikap partai politik mengajukan calon, sesungguhnya mempersulit warga Jakarta mengenal bakal calon gubernur mereka. "Parpol belum mengeluarkan nama calon kepala daerah. Tetapi saat bersamaan mereka melupakan hak warga DKI untuk mengenal calon lebih jauh, lebih lama," ujar Ray. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini