Surya Paloh Bertemu Sohibul Iman, Ketum PAN Lihat Tanda Koalisi Pilpres 2024

Rabu, 30 Oktober 2019 17:28 Reporter : Ahda Bayhaqi
Surya Paloh Bertemu Sohibul Iman, Ketum PAN Lihat Tanda Koalisi Pilpres 2024 Surya Paloh di Markas PKS. ©2019 Liputan6.com/Ditto Radityo

Merdeka.com - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menilai pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Sohibul Iman merupakan tanda-tanda koalisi Pemilihan Presiden 2024. Dia juga melihat tanda koalisi itu dari hubungan PDI Perjuangan dengan Gerindra yang kian dekat.

"Kita lihat sudah akrab PDIP dengan Gerindra ya, apalagi NasDem mau silaturahim dengan PKS, itu tanda-tanda tuh," kata Zulkifli Hasan di sela kegiatan diskusi bertajuk 'Rekonsiliasi Nasional: Apa, Untuk Apa, dan Bagaimana' di Jakarta, Rabu (30/10) dilansir dari Antara.

Pilpres 2019 lalu, Gerindra dan PKS merupakan kawan. Sementara, PDIP dan Nasdem berkoalisi. Sinyal pergeseran politik itu terlihat usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, serta kabinet. Gerindra masuk dalam koalisi Presiden Joko Widodo.

PAN sendiri berada di luar pemerintah. Kendati, partai berlambang matahari itu belum jelas sikap politiknya usai Pilpres 2019. Zulkifli masih bungkam ditanya arah PAN untuk Pilpres 2024. Apakah ikut satu poros atau jalin komunikasi dengan partai pemenang Pemilu 2019.

"Udah itu aja dulu," kata Wakil Ketua MPR itu.

Kemudian, untuk Pemilu Presiden di 2024, Zulkifli Hasan mengajak masyarakat tidak larut masuk dalam pertarungan politik dan akhirnya terbelah menjadi kubu-kubu.

"Jangan baper (bawa perasaan), karena politik itu cepat berubah," ucapnya.

Perubahan peta politik tersebut lumrah terjadi karena politik menjadi sarana untuk mencapai tujuan, tentu semuanya dipertimbangkan sesuai dengan kepentingan masing-masing partai politik.

Oleh karena itu masyarakat tidak perlu menyikapi politik sampai melibatkan sisi emosi, ketika pemilu selesai seharusnya semuanya ikut selesai dan masyarakat kembali bersatu membangun bangsa.

"Saya mengatakan dukung saja pemerintah. Semua sudah dilalui, Pilpres sudah, MK sudah. Sekarang mari kita dukung untuk bekerja, tapi kalau nanti ada yang tidak pas, barulah kita kritik kasih masukan," ujar Zulkifli.

Diberitakan, Presiden PKS Sohibul Iman menyambut kedatangan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Markas DPP PKS, Jakarta Selatan. Paloh menyebut kunjungan dalam rangka silaturahmi usai perhelatan Pemilu 2019. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini