Survei SMRC: Kepuasan Publik ke Jokowi Naik jadi 76,7% karena Mudik

Rabu, 18 Mei 2022 20:41 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Survei SMRC: Kepuasan Publik ke Jokowi Naik jadi 76,7% karena Mudik Jokowi di acara tanwir pemuda muhammadiyah. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat peningkatan kepuasan publik terhadap kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebanyak 76,7 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi. Angka tersebut naik sekitar 11,2 persen dari survei pada 12-15 April 2022 dengan 65,5 persen.

"Mayoritas warga, sekitar 76,7%, merasa sangat/cukup puas dengan kerja Presiden Jokowi. Yang kurang/tidak puas sekitar 20,9%. Sementara yang tidak menjawab sekitar 2,4%," kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas dalam siaran persnya yang diterima merdeka.com, Rabu (18/5).

Sirojuddin menjelaskan, tren kepuasan publik ke Jokowi naik karena terkait dengan penyelenggaraan mudik 2022 dan penanganan Covid-19. Sebanyak 76 persen publik merasa sangat atau cukup puas dengan kerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik tahun ini.

"Kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi berhubungan dengan penilaian warga atas kinerja pemerintah dalam menangani wabah Covid-19 dan penyelenggaraan mudik," ungkap Sirojuddin.

Sementara itu, publik yang merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani Covid-19 juga tinggi. SMRC mencatat, 74,6 persen publik menyatakan puas dengan penanganan Covid-19.

"Sementara yang menilai kurang/tidak puas sekitar 22% Yang tidak tahu/tidak menjawab sekitar 3%," ujar dia.

Sentimen positif atas kinerja Pemerintah Pusat menangani COVID19 pada survei terakhir 10-12 Mei 2022 (75%) mengalami kenaikan dibanding hasil survei sebelumnya dalam setahun terakhir yang rata-rata di bawah 70%.

2 dari 2 halaman

Survei ini dilakukan pada 10-12 Mei 2022. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

Dari metode ini, sebanyak 1.245 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. [ray]

Baca juga:
Pilpres 2024: Calon Kuat Tak Punya Tiket
SMRC: PDIP Kemungkinan Gandeng Tokoh NU Jadi Cawapres di Pilpres 2024
Survei SMRC: Simulasi Anies-AHY Teratas Kalahkan Ganjar-Airlangga dan Prabowo-Puan
SMRC: Prabowo-Puan 41% Vs Anies-AHY 37,9% di Bawah Margin of Error
Anies-AHY Unggul di Survei Simulasi Pilpres, Demokrat: Kemungkinan Duet Terbuka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini