Survei Parameter Politik: 37,8% Pemilih Pulau Jawa Anggap Kinerja Jokowi Biasa Saja

Kamis, 17 Oktober 2019 16:34 Reporter : Merdeka
Survei Parameter Politik: 37,8% Pemilih Pulau Jawa Anggap Kinerja Jokowi Biasa Saja Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla Jenguk Wiranto. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Lembaga Survei Parameter Politik merilis survei kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo selama lima tahun terakhir. Masa jabatan Jokowi sebagai Presiden RI periode 2014-2019 akan selesai seiring prosesi pelantikan 20 Oktober mendatang.

Survei menunjukkan, masyarakat di luar Pulau Jawa menganggap kinerja Jokowi sepanjang lima tahun ini berjalan baik. Sebaliknya, masyarakat di Pulau Jawa menilai kinerja Jokowi biasa-biasa saja.

"Pemilih luar Jawa cenderung lebih mengapresiasi kinerja Joko Widodo dengan memberikan nilai baik 46,4 persen. Sementara pemilih Jawa cenderung menganggap kinerja Joko Widodo biasa saja 37,8 persen," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, di kawasan Pancoran, Jakarta, Kamis (17/10).

Pandangan masyarakat luar Pulau Jawa, katanya, karena program Jokowi terkait pembangunan infrastruktur yang begitu masif. "Kalau membangun jalan di Jawa mungkin biasa saja, tapi di luar Jawa itu sesuatu yang luar biasa," ucap Adi.

Dalam survei tersebut, Parameter Politik Indonesia juga menemukan ada 48,3 persen penduduk pedesaan yang menilai kinerja Joko Widodo baik. Sementara untuk masyarakat perkotaan, 33,6 persen juga mengakui cukup baik.

Survei dilakukan cara interview face to face terhadap 1.000 responden yang sudah memiliki hak pilih sesuai Undang-undang yang berlaku. Survei dilakukan dari tanggal 5-12 Oktober menggunakan metode stratified multistage random sampling. Adapun margin of error sebesar kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Quality control dilakukan mulai tahap pemilihan dan pelatihan SDM yang berkualitas hingga Spot Check sebanyak 20 persen data," Adi mengakhiri.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini