Survei: Mensos Risma dan Menhan Prabowo Mendapat Kepuasan Publik Tertinggi

Rabu, 8 September 2021 16:28 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Survei: Mensos Risma dan Menhan Prabowo Mendapat Kepuasan Publik Tertinggi Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Paripurna Perdana di Istana. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Arus Survei Indonesia mengungkap tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pembantu Presiden Joko Widodo. Paling teratas adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Peringkat tiga ada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, lalu Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Jadi ini kalau bicara menteri menteri paling bagus dari atas," kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Alo Rifan dalam paparan surveinya bertema Evaluasi Publik Terhadap Penanganan Pandemi dan Peta Elektoral 2024 secara virtual, Rabu (8/9).

Sementara, lima menteri paling bawah adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tafsir, Menteri Kelautan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, dan Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan Siti Nurbaya.

Kemudian, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa dan Menteri Pemberdayaan Perempuan Anak Gusti Ayu Bintang Darmawati.

"Ini yang paling bawah, tadi sudah bicara yang paling bagus dari atas, sekarang yang dinilai kurang bagus dari bawah," ungkapnya.

Berikut ranking kinerja para menteri dari Survei Arus Indonesia:

- Menteri Sosial Tri Rismaharini mendapat kepuasan publik 54 persen, tidak puas 26 persen dan tidak jawab 20 persen.

- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapat kepuasan publik 52 persen, tidak puas 27 persen dan tidak jawab 21 persen.

- Menteri BUMN Erick Thohir mendapat kepuasan publik 51 persen, tidak puas 30 persen dan tidak jawab 19 persen.

- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendapat kepuasan publik 50 persen, tidak puas 30 persen dan tidak jawab 20 persen.

- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mendapat kepuasan publik 50 persen, tidak puas 31 persen dan tidak jawab 19 persen.

- Menteri Keuangan Sri Mulyani mendapat kepuasan publik 47 persen, tidak puas 33 persen dan tidak jawab 20 persen.

- Menteri PUPR Basuki Hadimulyono mendapat kepuasan publik 45 persen, tidak puas 32 persen dan tidak jawab 23 persen.

- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendapat kepuasan publik 44 persen, tidak puas 31 persen dan tidak jawab 25 persen.

- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mendapat kepuasan publik 44 persen, tidak puas 32 persen dan tidak jawab 24 persen.

- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendapat kepuasan publik 42 persen, tidak puas 35 persen dan tidak jawab 23 persen.

- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendapat kepuasan publik 41 persen, tidak puas, 34 persen dan tidak jawab 25 persen.

- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendapat kepuasan publik 40 persen, tidak puas 34 persen dan tidak jawab 26 persen.

- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mendapat kepuasan publik 39 persen, tidak puas 35 persen dan tidak jawab 26 persen.

- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendapat kepuasan publik 38,1 persen, tidak puas 37 persen dan tidak jawab 25 persen.

- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendapat kepuasan publik 37 persen, tidak puas 37 persen dan tidak jawab 26 persen.

- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Kemanusiaan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mendapat kepuasan publik 35 persen, tidak puas 39 persen dan tidak jawab 24 persen.

- Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendapat kepuasan publik 34 persen, tidak puas 41 persen dan tidak jawab 25 persen.

- Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mendapat kepuasan publik 34 persen, tidak puas 41 persen, tidak jawab 25 persen.

- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Muhaimin Iskandar mendapat kepuasan publik 32 persen, tidak puas 42 persen, tidak jawab 26 persen.

- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mendapat kepuasan publik 31,6 persen, tidak puas 45 persen dan tidak jawab 23 persen.

- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mendapat kepuasan publik 31,6 persen, tidak puas 46 persen, tidak jawab 23 persen.

- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mendapat kepuasan publik 30 persen, tidak puas 48 persen, tidak jawab 22 persen.

- Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mendapat kepuasan publik 30 persen, tidak puas 49 persen dan tidak jawab 21 persen.

- Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofjan Djalil mendapat kepuasan publik 30 persen, tidak puas 50 persen, tidak jawab 20 persen.

- Menteri Sekretaris Negara Pratikno mendapat kepuasan publik 29 persen, tidak puas 50 persen, dan tidak jawab 21 persen.

-, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mendapat kepuasan publik mendapat kepuasan publik 29 persen, tidak puas 51 persen dan tidak jawab 20 persen.

- Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mendapat kepuasan publik 28 persen, tidak puas 53 persen, dan tidak jawab 19 persen.

- Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mendapat kepuasan publik 28 persen, tidak puas 54 persen dan tidak jawab 18 persen.

- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tafsir mendapat kepuasan publik 25 persen, tidak puas 55 persen dan tidak jawab 20 persen.

- Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mendapat kepuasan publik 24 persen, tidak puas 55 persen dan tidak jawab 21 persen.

- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mendapat kepuasan publik 24 persen, tidak puas 56 persen dan tidak jawab 20 persen.

- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Manoarfa mendapat kepuasan publik 24 persen, tidak puas 57 persen dan tidak jawab 19 persen.

- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Gusti Ayu Bintang mendapat kepuasan 23 persen, tidak puas 57 persen dan tidak jawab 18 persen. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini