Survei LSI: Rakyat yang Puas dengan Kinerja KPK Umumnya Pilih Jokowi

Kamis, 29 Agustus 2019 16:41 Reporter : Merdeka
Survei LSI: Rakyat yang Puas dengan Kinerja KPK Umumnya Pilih Jokowi Debat pasangan Capres. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil riset tentang efek kinerja pemberantasan korupsi terhadap dukungan pada Jokowi. Hasilnya, LSI menyebut kemenangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam Pemilihan Presiden 2019 tak terlepas dari keberhasilan pemberantasan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Mereka yang puas dengan Pak Jokowi, umumnya puas terhadap kinerja lembaga antikorupsi tersebut," kata peneliti senior LSI Burhanudin Muhtadi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (29/8).

Burhanudin menyatakan, temuan survei korelasi signifikan antara kepercayaan publik terhadap presiden dengan kepercayaan publik terhadap KPK. "Sebanyak 61,1 persen responden merasa puas dengan kinerja KPK pada era pertama pemerintahan Jokowi," katanya.

Burhan menyebut responden yang menyatakan puas dengan kinerja KPK tersebut sebagian besar adalah pemilih Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019. Jumlahnya mencapai 63,4 persen.

"Sedangkan mereka yang tidak puas dengan kinerja KPK itu lebih banyak memilih Prabowo Subianto-Sandiaga," ungkapnya.

Dengan tingkat kepuasan tinggi publik kepada KPK, lanjut Burhan, maka temuan itu dapat rujukan bagi pemerintah untuk mengambil sikap dalam seleksi capim KPK 2019-2023 yang kini tengah menjadi pro kontra.

"Kalau presiden salah langkah dalam memilih Capim KPK, bukan tidak mungkin menggerogoti kredibilitas presiden," tandas dia.

Reporter: Delvira Hutabarat [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini