Survei LSI: 8 dari 10 orang ingin pilkada langsung

Rabu, 17 Desember 2014 13:26 Reporter : Ahmad Baiquni
Survei LSI: 8 dari 10 orang ingin pilkada langsung Aktivis Tolak Pilkada DPRD. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Mayoritas rakyat Indonesia, 84,1 persen menginginkan kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat.


- Lembaga Survei Indonesia

Merdeka.com - Mayoritas rakyat Indonesia lebih ingin pemilihan kepala daerah (pilkada) dilaksanakan secara langsung, ketimbang melalui DPRD. Hal ini ditunjukkan lewat hasil riset

Lembaga Survei Indonesia (LSI).

"Mayoritas rakyat Indonesia, 84,1 persen menginginkan kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat," ujar Direktur Eksekutif LSI Dodi Ambardi di kantor LSI, Jakarta, Rabu (17/12).

Survei ini dilaksanakan dengan metode wawancara melibatkan 2.000 responden yang tersebar di 34 propinsi. Survei ini dilaksanakan sejak tanggal 25 Oktober hingga 3 November 2014 dengan perkiraan margin of error ditetapkan sebesar 2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dodi mengatakan sebanyak 5,8 persen responden menghendaki pilkada dilaksanakan oleh DPRD. Sedangkan sebanyak 6,8 persen responden tidak mempermasalahkan apakah pilkada dilaksanakan secara langsung maupun lewat DPRD, dan sebanyak 3,3 persen responden tidak menjawab.

"Dengan angka riil, delapan dari 10 orang menghendaki pilkada langsung," kata dia.

Selanjutnya, Dodi menerangkan, hasil survei ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan hasil survei serupa yang juga dilakukan LSI pada 2012. Dodi mengakui ada penurunan hasil dari survei sebelumnya yang mendukung pilkada langsung sebesar 87,6 persen menjadi 84,1 persen, meski tidak signifikan.

"Artinya aspirasi rakyat tidak berubah, ingin pilkada langsung," kata dia. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Survei LSI
  2. Pilkada
  3. Pilkada Oleh DPRD
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini