Survei Litbang Kompas: Suara Pemilih Jokowi Beralih ke Prabowo, Ganjar Hingga Anies

Selasa, 4 Mei 2021 13:07 Reporter : Ahda Bayhaqi
Survei Litbang Kompas: Suara Pemilih Jokowi Beralih ke Prabowo, Ganjar Hingga Anies Potret Jokowi dan Prabowo kerja bareng. ©Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Survei Litbang Kompas mencatat suara pemilih Presiden Joko Widodo sebagian besar masih belum menentukan pilihannya. Ada 8 persen pemilih Jokowi yang belum menentukan pilihan atau merahasiakan pilihannya.

Dikutip dari survei Litbang Kompas yang dirilis pada Selasa (4/5). Pada survei elektabilitas calon presiden, Jokowi masih tertinggi dengan angka 24 persen. Namun karena masa jabatan presiden maksimal dua periode, Jokowi sudah tidak bisa lagi mencalonkan di Pilpres 2024.

Dari responden yang milih Jokowi, banyak yang belum menentukan pilihan atau masih merahasiakan. Ada 8 persen yang belum menentukan sikap. Persentase ini menjadi yang tertinggi.

Ada 5 persen pemilih Jokowi yang menyatakan akan memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Selain itu, sebanyak 3 persen pemilih Jokowi mengalihkan dukungan ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pemilih Jokowi juga ada yang akan menyumbangkan suaranya ke politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Besaran responden yang memilih dua tokoh tersebut sama yaitu 2 persen.

Suara pemilih Jokowi juga memberikan kepada Mensos Tri Rismaharini, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Menparekraf Sandiaga Uno. Responden yang memilih masing-masing tokoh sama yaitu 1 persen.

Dalam survei ini, pemilih Jokowi mengaku tidak memilih Menpolhukam Mahfud MD, Ridwan Kamil dan Gatot Nurmantyo. Ada 1 persen yang tidak memilih tokoh-tokoh tersebut.

Dari survei Litbang Kompas, elektabilitas capres kedua tertinggi dipegang Prabowo Subianto dengan angka 16 persen. Posisi ketiga ditempati Anies Baswedan dengan angka 10 persen, disusul Ganjar Pranowo 7 persen, serta Sandiaga Uno dengan angka 4 persen.

Di papan tengah hingga terbawah ada nama Ridwan Kamil 3 persen, AHY 3 persen, Ahok 3 persen, Risma 2 persen, Gatot Nurmantyo 2 persen, serta Mahfud 1 persen.

Litbang Kompas melakukan survei dengan wawancara tatap muka pada 13-26 April 2021. Survei ini mengambil 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini